Traveloka dukung pemerintah dorong pariwisata Bali dan Yogyakarta

id travel,pariwisata,wisata bali

Traveloka dukung pemerintah dorong pariwisata Bali dan Yogyakarta

Wisatawan domestik mengamati aktivitas Merak Hijau saat mengunjungi Bali Zoo, Gianyar, Bali, Minggu (24/10/2021). Kunjungan wisatawan ke kebun binatang tersebut terus meningkat dengan rata-rata kunjungan sekitar 1.000 orang wisatawan per hari saat libur akhir pekan, setelah sebelumnya sempat ditutup pada bulan Juli 2021 hingga pertengahan bulan September lalu sebagai upaya menekan penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)

Jakarta (ANTARA) - Sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional, termasuk di sektor pariwisata, khususnya untuk destinasi yang termasuk dalam kategori aman atau Zona Hijau, biro perjalanan daring Traveloka memperkenalkan program penawaran spesial Traveloka Pay Day untuk wilayah Zona Hijau.

Berlangsung mulai dari 25 Oktober hingga 5 November 2021, program ini menawarkan potongan harga hingga 80 persen untuk ragam produk Traveloka mulai dari Transportasi, Akomodasi, dan Xperience di wilayah Bali dan Yogyakarta.

Adapun program ini juga sejalan dengan prinsip safe travel yang lebih ketat, merujuk pada peraturan pemerintah yang mewajibkan wisatawan ke wilayah Bali dan Yogyakarta untuk memiliki sertifikat vaksinasi dosis pertama dan kedua serta Tes COVID-19 PCR 2x24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

Baca juga: Traveloka EPIC Sale catat kenaikan pemesanan lebih dari 1,5 kali lipat

Sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat untuk melakukan perjalanan dan berwisata, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), telah memberikan sinyal positif terhadap dibukanya sektor pariwisata di kawasan yang sudah termasuk ke dalam kategori Zona Hijau atau daerah yang tercatat tidak ada peningkatan penambahan kasus baru. Beberapa destinasi wisata yang termasuk ke dalam Zona Hijau, yang mencakup Bali (Sanur, Ubud, dan Nusa Dua) serta Yogyakarta (Merapi Park dan Candi Ratu Boko).

Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Krisis, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Henky Manurung, , dikutip dari siaran resmi, Rabu, mengatakan, “Pariwisata merupakan salah satu sektor terpenting dalam menopang perekonomian Indonesia. Untuk itu, diperlukan partisipasi dari berbagai pihak untuk dapat meningkatkan kembali devisa sektor pariwisata Indonesia yang anjlok akibat pandemi COVID-19 ini, salah satunya yaitu dengan mendorong pariwisata domestik melalui berbagai upaya, seperti program promosi Traveloka Pay Day untuk wilayah Zona Hijau. Kami mengapresiasi upaya Traveloka untuk berperan aktif dalam pemulihan sektor pariwisata tanah air.”

VP of Marketing Transport and Financial Services, Traveloka, Andhini Putri, menyampaikan pihaknya mendukung upaya pemerintah, tak hanya dalam menekan laju penyebaran COVID-19 di Indonesia, namun juga dalam menggenjot kembali sektor pariwisata domestik.

"Dengan adanya beberapa wilayah yang sudah berhasil menjadi kategori Zona Hijau, kami melihat adanya peningkatan permintaan konsumen terhadap wilayah-wilayah tersebut, yang tentunya menjadi sinyal positif untuk pemulihan sektor pariwisata. Kami berharap program Pay Day untuk wilayah Zona Hijau ini dapat membawa angin segar bagi sejumlah pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah tersebut, sehingga memberikan dampak positif bagi pemulihan ekonomi di sektor pariwisata tanah air.”

Baca juga: Empat salah kaprah soal ekowisata

Baca juga: Menyusun kepingan sejarah di Museum Mosaik Zeugma dan Sanliurfa

Baca juga: Pandemi dorong perubahan ke arah pariwisata berkualitas

Pewarta : Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar