Padang, (ANTARA) - PT Pertamina MOR I mencatat 200 unit Pertashop sudah tersebar di Sumatera Barat untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar masyarakat (BBM) hingga ke pelosok daerah di provinsi itu.

Sales Area Manager (SAM) Pertamina Sumbar I Made Wira Pramarta di Padang, Rabu mengatakan Pertashop berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap BBM berkualitas.

Selain itu Pertashop juga akan turut menumbuhkembangkan potensi desa. "Kemarin 26 Oktober 2021, kita telah meluncurkan satu unit Pertashop di Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, kabupaten Agam, Sumbar. Dengan hadirnya Pertashop, masyarakat akan mudah mendapatkan BBM berkualitas," kata dia.

Pertashop ini menjual produk Dexlite dan menjadi Pertashop ke-200 di wilayah Sumbar dan kebutuhan stok Pertashop tersebut dipasok dari Integrated Terminal (IT) Teluk Kabung.

"Saat ini sudah ada 200 Pertashop di Sumbar dan tersebar di 14 kabupaten, bahkan di Kepulauan Mentawai ada dua unit Pertashop," katanya.

Menurut dia, Pertashop juga akan segera hadir di pinggiran Kota Padang tepatnya di Sungai Pisang untuk melayani nelayan dan perahu wisata pulau.

"Hampir setiap Pertashop memiliki dua sampai tiga tenaga kerja dengan hadirnya Pertashop ini, kita harapkan dapat mendorong perkembangan kegiatan ekonomi di daerah pedesaan," kata dia.

Selain itu, di saat yang bersamaan Pertamina Patra Niaga secara perdana menghadirkan SPBU Hub Pertashop yang bertempat di SPBU 13.262.515 Desa Koto Tangah Batu Hampa, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Lima Puluh Kota. Operasional perdana dilakukan pada Selasa (26/10) dan menjadi yang pertama di Sumatera.

SPBU Hub sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk SPBU reguler yang difungsikan sebagai titik penyimpanan dan pendistribusian BBM ke Pertashop menggunakan tangki penyimpanan di SPBU.

"SPBU Hub ini akan mensuplai 86 Pertashop di Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, dan Kabupaten Sijunjung," terang Wira.

Kehadiran SPBU Hub ini akan mengurangi jarak tempuh pendistribusian BBM menjadi 5 hingga 94 km jika dibandingkan suplai dari IT Teluk Kabung dengan rata-rata jarak tempuh ke Pertashop hingga 170 km.

"Pertashop mengutamakan lokasi di desa atau wilayah yang jauh dari SPBU dan ejak awal diluncurkan, Pertashop mendapat tempat di hati masyarakat di berbagai pelosok negeri hingga Oktober 2021, pembangunan Pertashop di Sumatera Barat mencapai 200 unit," kata dia.***1***

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021