Kemarin, tarif PCR turun hingga riset roket bertingkat

id tarif PCR turun,roket bertingkat,vaksinasi COVID-19

Kemarin, tarif PCR turun hingga riset roket bertingkat

Ilustrasi- Pengambilan sampel melalui tes usap oleh petugas kesehatan di Lampung. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah sejumlah berita humaniora kemarin (27/10) yang menarik untuk dibaca pagi ini, diantaranya penurunan tarif RT-PCR menjadi Rp275.000, obat antivirus bukan pengubah situasi pandemi COVID-19, dan riset roket bertingkat.

Pemerintah turunkan tarif tes RT-PCR jadi Rp275.000

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menurunkan batasan tarif tertinggi tes cepat reaksi berantai polimerase (real time polymerase chain reaction/RT-PCR) menjadi Rp275 ribu per orang.

"Dari hasil evaluasi batas tertinggi RT-PCR diturunkan Rp275 ribu untuk Pulau Jawa dan Bali dan Rp300 ribu untuk luar Jawa dan Bali," kata Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Prof Abdul Kadir dalam konferensi pers yang diikuti dari kanal YouTube Kemenkes RI di Jakarta, Rabu sore.

Kemenkes: Penurunan tarif RT-PCR berlaku mulai hari ini

Batas tarif tertinggi tes cepat reaksi berantai polimerase (real time polymerase chain reaction/RT-PCR) terbaru berlaku sejak diumumkan, yakni mulai Rabu, kata pejabat Kementerian Kesehatan RI.

"Pemberlakuan tarif ini mulai pada saat dikeluarkan surat edaran dan saat ini edaran itu sudah kita edarkan dan berlaku saat ini," kata Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Prof Abdul Kadir dalam konferensi pers yang diikuti di kanal YouTube Kemenkes RI, Rabu sore.

Kemenkes: Pelanggar ketentuan tarif PCR, dicabut izin operasionalnya

Kementerian Kesehatan RI memberlakukan sanksi teguran hingga penutupan izin operasional pelayanan kesehatan bagi setiap pelanggar batas tarif tertinggi tes cepat reaksi berantai polimerase (real time polymerase chain reaction/RT-PCR).

"Kalau ada yang tidak menjalankan kebijakan, maka kita minta dinas kesehatan menegur dan membina. Kalau gagal juga, maka ada sanksi dengan penutupan laboratorium dan izin operasional," kata Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Prof. Abdul Kadir dalam konferensi pers yang diikuti dari kanal YouTube Kemenkes RI, Rabu sore.

Wamenkes: Obat antivirus bukan pengubah situasi pandemi COVID-19

Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono mengatakan kehadiran obat antivirus bukan game of changer atau pengubah situasi dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Game of changer-nya adalah mosaik yang terbentuk mulai dari protokol kesehatan yang baik, vaksinasi yang cepat dan pengobatan yang mumpuni," kata Dante Saksono Harbuwono saat menyampaikan keterangan pers yang diikuti dari YouTube KPK RI di Jakarta, Rabu.

BRIN mulai riset roket bertingkat

Organisasi Riset (OR) Penerbangan dan Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memulai riset roket bertingkat pada 2021.

"Untuk tahun 2021, target utama antara lain memulai riset roket bertingkat," kata Kepala OR Penerbangan dan Antariksa BRIN Erna Sri Adiningsih saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Rabu.

Kemenag sarankan Lansia di atas 60 tahun beribadah di rumah

Sekretaris Direktorat Jenderal Bimbingan Islam Kementerian Agama (Kemenag), Fuad Nasar menyatakan kelompok masyarakat lanjut usia di atas 60 tahun disarankan untuk beribadah di rumah saat peringatan hari besar keagamaan.

"Tentu dalam pelaksanaannya, dalam aturannya, yang Lansia tidak dianjurkan mengikuti aktivitas keagamaan di tempat ibadah dan disarankan beribadah di rumah masing-masing,” ujar Fuad dalam diskusi virtual yang diikuti dari Jakarta, Rabu.

Mendes PDTT optimistis Indonesia terbebas dari kemiskinan ekstrem 2024

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar optimistis Indonesia akan terbebas dari kemiskinan ekstrem pada 2024.

"Ketika Presiden Joko Widodo mencanangkan 2024 Indonesia nol persen kemiskinan ekstrem, saya mengatakan bahwa itu sangat mungkin terwujud," ujar Mendes PDTT Abdul Halim dalam sambutan peresmian sarana dan prasarana objek wisata desa di NTB yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu.

70 juta penduduk Indonesia terima vaksin COVID-19 dosis lengkap

Sebanyak 70.113.618 penduduk Indonesia telah menerima vaksin COVID-19 dosis lengkap, menurut data yang dilaporkan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 dihimpun hingga Rabu siang.

Dari akumulasi jumlah tersebut, terdapat kenaikan jumlah penerima vaksin COVID-19 dosis kedua pada 983.496 orang.

Pewarta : Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar