Dari perilaku tersebut diharapkan kelestarian lingkungan tetap terjaga
Madiun (ANTARA) - Sebanyak enam dari 27 kelurahan di Kota Madiun, Jawa Timur, meraih penghargaan tingkat nasional Program Kampung Iklim (Proklim) 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Wali Kota Madiun Maidi mengatakan penghargaan Proklim yang diterima tersebut berupa dua kelurahan meraih Tropi Proklim Utama dan empat kelurahan meraih Sertifikat Proklim Utama.

"Dari enam kelurahan yang masuk penilaian nasional tersebut, dua di antaranya berhasil meraih tropi," ujar Maidi di Madiun, Sabtu.

Baca juga: Kabupaten Balangan terima penghargaan Proklim dari KemenLHK

Adapun dua kelurahan yang berhasil meraih Tropi Proklim Utama adalah Kelurahan Taman dan Pandean. Sedangkan empat kelurahan yang meraih Sertifikat Proklim Utama adalah Kelurahan Klegen, Kanigoro, Pangongangan, dan Kelurahan Kartoharjo.

"Saya memberikan apresiasi atas prestasi ini. Sebab, capaian ini tidak mudah, butuh kerja keras, dan tidak semua daerah bisa meraihnya," kata Maidi.

Baca juga: Tiga wilayah di Kaltim raih tropi Proklim Nasional

Ada daerah yang hanya sampai di tingkat provinsi. Ada juga yang tidak lolos sama sekali. Sedangkan, Kota Madiun, ada enam kelurahan sekaligus yang masuk penilaian di tingkat nasional. Bahkan, nilai yang didapat juga cukup tinggi.

Untuk kategori Sertifikat Utama, paling tidak harus memiliki nilai di atas 81. Sedang untuk meraih kategori Tropi Utama, wajib mendapat nilai lebih dari 81 dan memiliki keunggulan di daerahnya.

Baca juga: Proklim berkontribusi turunkan emisi 761.445,1 ton CO2e

"Masih ada kategori lestari. Yaitu, yang sudah mendapat tropi ini harus melakukan pembinaan minimal di sepuluh lokasi selama satu tahun. Nanti kita dampingi untuk mendapatkan kategori lestari tersebut," kata dia.

Program Kampung Iklim ini memang mengharuskan masyarakat untuk sadar akan lingkungan. Peran serta masyarakat sangat penting dalam menjaga kelestarian suatu kampung atau lingkungannya.

Baca juga: Elemen adaptasi perubahan iklim jadi pembeda NDC Indonesia

Salah satunya, dengan turut menjaga kesinambungan alam dengan berbagai kegiatan. Mulai penghijauan, luasan areal yang ditanami, jenis tanaman, pengaturan air, hingga penggunaan pupuk organik.

"Dari perilaku tersebut diharapkan kelestarian lingkungan tetap terjaga," katanya.

Baca juga: Sumpah Pemuda, ribuan pemuda lestarikan alam di Aksi Muda Jaga Iklim

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021