Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita seputar DKI Jakarta pada kanal Metro pada Minggu (31/10) masih menarik untuk dibaca kembali, di antaranya terkait Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi Tokoh Betawi hingga evakuasi batu penggilingan tebu abad ke-18 di Jakarta Timur.

Anies dapat gelar Tokoh Betawi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat gelar kehormatan Tokoh Betawi dari Majelis Adat Badan Musyawarah (Bamus) Betawi.

Ketua Majelis Adat Bamus Betawi Nuri Taher menjelaskan alasan pemberian gelar Tokoh Betawi pada Anies karena sumbangsih terhadap warga Ibu Kota.

"Anies Baswedan orang yang betul-betul meneladani pemikiran rakyatnya, bagaimana mencintai rakyatnya dan bagaimana membangun Jakarta," kata Nuri di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya

Lemkapi: Kapolri terbuka untuk dikritik
Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan mengatakan, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sangat terbuka untuk dikritik karena kritik bisa menjadi sarana membenahi Polri agar semakin dipercaya masyarakat.

Penyelenggaraan Bhayangkara Mural Festival 2021 menunjukkan Kapolri dan Polri sangat terbuka untuk dikritik, kata Edi menanggapi festival yang digelar oleh Mabes Polri dan berakhir pada Sabtu (30/10).

"Kapolri bahkan menegaskan peserta mural yang karyanya berisi kritikan pedas untuk tujuan membangun Polri menjadi sahabat Kapolri," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu pagi.

Baca selengkapnya

​​​​​​​Polisi selidiki identitas perempuan penyeberang di Jalan Tol JORR
​​​​​​​Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya saat ini tengah menyelidiki video viral tentang seorang perempuan tengah menyeberang secara sembarangan di Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) ruas Fatmawati.

"Kejadiannya tanggal 30 Oktober ada pengemudi yang kebetulan memvideokan kejadian tersebut. Kemarin juga langsung dilakukan penyisiran," kata Kepala Satuan Patroli Jalan Raya (Sat PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Sutikno saat dikonfirmasi, di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya

PDIP Jaksel berharap program pelatihan IKM bisa bangkitkan ekonomi
Ketua DPC PDI Perjuangan Jakarta Selatan Yuke Yurike berharap pelatihan industri kecil menengah (IKM) yang terus digulirkan kepada warga bisa membangkitkan ekonomi di tengah tekanan akibat pandemi COVID-19.

Yuke menilai usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia, khususnya di tengah upaya pemulihan ekonomi yang sudah berlangsung hampir dua tahun.

"Karenanya, selain diberikan pelatihan dengan resep makanan nusantara milik Ir Soekarno (Mustika Rasa), warga juga nantinya akan mendapatkan pendampingan dan permodalan," kata Yuke di Jakarta, Minggu, pada acara pelatihan IKM bagi 100 warga Jakarta Selatan.

Baca selengkapnya

Pemprov DKI evakuasi peninggalan batu penggilingan tebu abad ke-18
Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Pusat Konservasi Cagar Budaya, dan Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Timur mengevakuasi objek diduga cagar budaya (ODCB) berupa batu penggilingan tebu abad ke-18.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana, Minggu, mengatakan ODCB batu penggilingan yang diperkirakan berusia ratusan tahun tersebut ditemukan di trotoar Jalan TB Simatupang, Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, lalu dievakuasi ke Balai Budaya Condet pada Sabtu (30/10) agar pengawasannya lebih optimal.

Baca selengkapnya

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021