Petugas gabungan bersihkan longsor timpa rumah warga di Trenggalek

id Longsor Trenggalek, bencana longsor

Petugas gabungan bersihkan longsor timpa rumah warga di Trenggalek

Warga bersama petugas gabungan bergotong-royong membersihkan material longsor di Desa Joho, Kecamatan Pule, Trenggalek, Senin (1/11/2021) (ANTARA/HO - Masaby)

Tulungagung, Jatim (ANTARA) - Petugas gabungan dari BPBD, TNI/Polri serta warga bergotong-royong membersihkan material longsor yang menimpa rumah milik Laman yang berlokasi di di Desa Joho, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Senin.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian longsor yang terjadi pada Minggu (31/10) malam itu, namun kerugian ditaksir mencapai belasan juta rupiah.

"Kerugian hanya berupa materiil akibat rumah yang tertimbun material longsor setelah diguyur hujan," kata Kapolres Trenggalek, AKBP Dwiasi Wiyatputera di Trenggalek.

Hingga berita ini ditulis material longsor sebagian masih teronggok menimbun sebagian dinding rumah Laman.

Kondisi tebing yang sebagian masih basah membuat proses evakuasi hanya difokuskan pada material yang masuk ke dalam rumah korban.

Dwiasi mengimbau baik pemilik rumah maupun warga sekitar untuk waspada bahaya longsor di lingkungan sekitarnya.

"Longsor juga pernah terjadi pada tahun sebelumnya. Kami mengimbau warga untuk hati-hati, waspada dan mencari tempat berlindung yang aman jika memang berisiko, terutama saat turun hujan," katanya.

Baca juga: Longsor tutup jalan antarkecamatan di Trenggalek

Baca juga: Hujan deras picu jalan amblas terseret longsor di Trenggalek


Kejadian tanah longsor yang menimpa rumah Laman kali ini terjadi pada Minggu (31/10) malam sekitar pukul 24.00 WIB.

Longsor terjadi setelah Kabupaten Trenggalek diguyur hujan selama dua hari berturut.

"Hujan dengan intensitas sedang dari pukul 17.30 WIB sampai pukul 19.20 WIB, lamanya hujan, mengakibatnya tebing samping rumah mengalami longsor dan mengenai sebagian rumah," terang Dwiasi.

Timbunan material longsor berupa tanah menimpa ruang hingga dinding rumahnya jebol. Bahkan, tumpukan material masuk ke dalam ruangan hingga ketinggian satu meter.

Warga sekitar di bantu dengan TNI-Polri dan relawan BPBD kemudian bergotong royong membersihkan material longsor dengan peralatan seadanya pada Senin pagi. 

Baca juga: Pemkab Trenggalek tetapkan status siaga bencana banjir dan longsor

Baca juga: Angin puting beliung rusak sejumlah rumah warga di Trenggalek

 

Pewarta : Destyan H. Sujarwoko
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar