Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Kehormatan Federasi Kempo Indonesia (FKI) Yasonna H Laoly mengapresiasi capaian yang diraih oleh kontingen kempo Indonesia dengan membawa pulang 20 medali dalam kejuaraan dunia di Turki.

"Apresiasi atas prestasi cemerlang yang diraih Federasi Kempo Indonesia pada kejuaraan dunia di Turki yang diikuti 29 negara, dan Indonesia meraih 20 medali," kata Yasonna melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Apresiasi tersebut disampaikan Yasonna yang juga merupakan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) saat menyambut kedatangan kontingen FKI di Bandara Soekarno-Hatta usai berlaga di Antalya, Turki pada 25-31 Oktober 2021.

Kontingen FKI meraih 20 medali yang terdiri dari delapan medali emas, lima medali perak dan tujuh medali perunggu. Dengan perolehan tersebut, kontingen FKI menduduki peringkat kedua juara umum kategori tradisional kempo dan juara umum keempat secara keseluruhan.

"Saya waktu mendengar laporan perolehan medali ini, wah top markotop. Saya lihat foto-foto bendera Indonesia terpasang saat meraih medali rasanya sangat terharu," ujar Yasonna.

Baca juga: 14 atlet kempo Indonesia turun pada Kejuaraan Dunia 2021 di Turki 

Atas capaian tersebut, ia pun memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para atlet, Ketua FKI serta tim ofisial karena telah mengharumkan nama bangsa dan negara di kancah internasional.

"Ini bukan pertandingan mudah, tapi ternyata kita bisa sukses," tutur Yasonna.

Dalam kesempatan itu, ia berharap olahraga kempo masuk sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada Olimpiade mendatang.

"Kita sedang berjuang agar kempo masuk Olimpiade. Jika kempo masuk Olimpiade, saya yakin bisa menjadi salah satu penyumbang medali emas," ungkap Yasonna.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat FKI Timbul Thomas Lubis mengatakan atlet-atlet kempo Indonesia akan terus memberikan yang terbaik demi mengharumkan nama bangsa dan negara.

"Kita akan terus berlatih dan berharap terus lebih baik. Selanjutnya, kita persiapan kejuaraan dunia di Tunisia tahun depan," terang Timbul Thomas Lubis.

Pengurus Pusat FKI menurunkan 14 atlet dalam Kejuaraan Dunia Kempo di Antalya, Turki. Atlet Indonesia tampil di nomor traditional kempo dan fighting kempo division

Baca juga: Atlet Porkemi raih lima medali emas Kejuaraan Dunia Virtual Ke-2 
 

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021