Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 12 pemain tim nasional bola basket Indonesia dibawa ke Lebanon untuk menghadapi dua pertandingan window pertama kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023 pada 26 dan 29 November.

Manajer timnas bola basket Indonesia Maulana Fareza Tamrela mengatakan bahwa komposisi pemain yang akan diboyong ke Lebanon hampir sama seperti ketika Indonesia menghadapi kualifikasi Piala Asia FIBA 2021 di Filipina, Juni lalu.

Brandon Jawato yang masih dalam pemulihan akibat cedera pinggang juga bakal memperkuat timnas menghadapi pertandingan window pertama.

“Status Brandon saat ini masih bermain di B League (liga bola basket Jepang). Dua pekan terakhir kondisinya baru (pulih) 80 persen. Saya juga melihat menit bermain dia masih sedikit, tetapi dia sudah latihan maksimal,” ungkap Fareza dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa level kompetisi di Jepang bisa dibilang cukup tinggi, tapi kami tetap memberi kepercayaan kepada Brandon, ini hanya masalah waktu, dia akan diberi kesempatan untuk memberikan kontribusi,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Perbasi segera panggil pemain untuk kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023

Sementara itu, Lester Prosper dipilih untuk memperkuat tim di kualifikasi dibandingkan pemain naturalisasi lainnya, Marques Bolden, karena statusnya yang saat ini masih meniti karier di NBA G-League.

Menurut pria yang akrab disapa Mocha itu, Bolden hanya akan diturunkan pada ajang-ajang besar, seperti Piala Asia FIBA 2021 dan Piala Dunia FIBA 2023.

“Dia (Bolden) tidak akan pernah ikut dalam rentetan kualifikasi di sebuah event melainkan dalam ajang yang tinggi seperti Olimpiade dan FIBA Asia Cup. Dia juga sudah berkomitmen akan hadir di FIBA Asia Cup 2021,” tutup dia.

Sebelum ke Lebanon, skuad Garuda akan terlebih dahulu menjalani pemusatan latihan (TC) di Las Vegas, Amerika Serikat. Mereka dijadwalkan bertolak ke Paman Sam pada 6 November.

Berikut nama 12 pemain yang dibawa ke kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023 di Lebanon:

  1. Arki Dikania Wisnu
  2. Hardianus Lakudu
  3. Abraham Damar Grahita
  4. Kevin Yonas Argadiba Sitorus
  5. Juan Laurent Kokodiputra
  6. Andakara Prastawa
  7. Widyanta Putra Teja
  8. Vincent Rivaldi Kosasih
  9. Govinda Saputra
  10. Sandy Ibrahim
  11. Lester Prosper
  12. Brandon Jawato
Baca juga: Indonesia bisa lolos secara kompetitif ke Piala Dunia FIBA 2023
Baca juga: PP Perbasi akan kirim timnas ke AS tatap FIBA World Cup 2023
Baca juga: Perbasi targetkan timnas basket putri promosi divisi di FIBA Asia

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021