Puruk Cahu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura), Kalimantan Tengah mengangkat atlet dayung yang meraih medali emas di PON Papua sebagai tenaga honorer. 

"Selain mendapatkan bonus berupa uang senilai Rp10 juta per orang, salah satu atlet berprestasi tersebut juga diangkat menjadi tenaga honorer," kata Bupati Mura Perdie Midel Yoseph di Puruk Cahu, Kamis. 

Menurut dia, karena dari awal Karmila sudah menjadi tenaga honorer di Dinas Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Murung Raya, maka Silvia Sari diangkat juga menjadi tenaga honorer dan ditempatkan di Asrama Murung Raya di Palangka Raya.

Ia mengungkapkan pemberian piagam penghargaan dan bonus berupa sejumlah uang tunai itu merupakan bentuk perhatian, kepedulian serta dukungan pemerintah terhadap para atlet yang berhasil membawa nama daerah sampai ke tingkat nasional.

"Ini juga bentuk motivasi kami kepada para atlet maupun bagi calon atlet dari Murung Raya agar lebih berusaha meraih prestasi, bukan hanya cabang olahraga dayung, akan tetapi dari semua cabang olahraga," ucap Perdie.

Baca juga: Pemkot Kediri beri bonus kepada atlet peraih medali di PON Papua 
Baca juga: Unesa berikan beasiswa atlet peraih medali di PON XX Papua 


Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Murung Raya Sarwo Mintarjo mengatakan pemerintah daerah akan berupaya memberikan penghargaan kepada para atlet yang berhasil meraih prestasi.

"Jujur, karena kendala pandemi sejak tahun 2020 lalu, kami mengalami kendala dalam melakukan pembinaan kepada atlet. Tapi di luar itu, pemerintah daerah tetap akan berusaha memberikan yang terbaik kepada para atlet, terutama atlet yang berprestasi," ujar Sarwo.

Kegiatan penyerahan bonus dan pengangkatan sebagai honorer tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Murung Raya Hermon dan pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) serta pengurus Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) kabupaten setempat.

Karmila dan Selvia Sari merupakan atlet asli Murung Raya yang masuk tim dayung perwakilan Kalimantan Tengah pada PON XX di Papua dan menyabet medali emas pada nomor 200 meter dan 1.000 meter. 

Baca juga: Pemkab Pati berikan bonus untuk atlet peraih medali PON Papua 
Baca juga: Universitas Terbuka siapkan beasiswa atlet peraih medali PON Papua 

 

Pewarta: Kasriadi/Supriadi
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021