Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin menyerahkan bantuan Alat Polymerase Chain Reaction (PCR) kepada fasilitas layanan kesehatan dan beberapa wilayah kabupaten/kota di tiga provinsi, untuk memenuhi kebutuhan swab PCR di daerah itu.

Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Palubuhu MA di Makassar, Kamis, menyerahkan secara simbolis bantuan alat PCR kepada kabupaten dan rumah sakit.

Masing-masing kepada Provisi Sulawesi Barat, PMI Provinsi Gorontalo, Kabupaten Barru, Kabupaten Sidrap, Kabupaten Pinrang, Kota Parepare, Kabupaten Gowa, Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar dan Rumah Sakit Gigi Mulut Pendidikan Unhas.

"Pada hakikatnya Unhas selalu berkomitmen untuk hadir membantu masyarakat sesuai kapasitas yang kami miliki," katanya.

Baca juga: Jepang Unhas buka peluang kerja sama kolaborasi penelitian

Baca juga: Dosen Unhas Makassar masuk peneliti berpengaruh dunia


Setelah diserahkan ke Unhas, alat PCR yang bersumber dari PT Langit Pandu Anugerah kolaborasi bersama MICO BIOMED Co.Ltd ini kemudian disalurkan pada sejumlah fasilitas layanan kesehatan di tiga provinsi, yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Gorontalo.

Dengan alat ini, diharapkan layanan kesehatan utamanya proses identifikasi penyakit menjadi langkah awal untuk mengambil tindakan tepat guna dalam mendorong taraf kesehatan masyarakat.

Rektor Unhas juga mengatakan agar daerah yang memperoleh bantuan alat PCR bisa memanfaatkan secara optimal, sebagai bagian dari langkah bersama dalam menekan kasus penyebaran COVID-19 maupun penyakit infeksi yang disebabkan pada virus lainnya.

"Ketika rombongan PT. Langit Pandu Anugerah berkunjung ke Unhas dan menawarkan kolaborasi untuk berperan aktif dalam masyarakat, kami langsung menyanggupi," ujarnya.*

Baca juga: Rektor Unhas dan Dubes Australia perkuat program pendidikan

Baca juga: Guru besar Unhas: Pidanakan pemberi pinjaman oline ilegal

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021