Jakarta (ANTARA) - Salah satu aktris yang turut berperan dalam drama musikal horor "IBU" Andrea Miranda menceritakan proses pembuatan drama musikal tersebut hingga alasan memilih sosok kuntilanak atau kunti.

"Kalau perencanaannya sendiri sebenarnya mungkin sudah dari 2017. Pada suatu hari, tiba-tiba Ammir Gita kayak 'eh ini kita bikin musikal horor yuk' gitu. Wah seru juga kayaknya bikin musikal horor," ungkap Andrea saat meet and greet Drama Musikal Horor "IBU" secara virtual, Kamis (4/11).

Setelah itu, Andrea mengatakan bahwa dirinya dan Ammir mulai membuat ide dari musikal tersebut mulai dari tujuan visi dan misi dari drama musikal itu, hingga plot cerita. Namun, Andrea mengaku baik dirinya maupun Ammir tidak bisa menulis ide tersebut. Akhirnya, mereka pun menggandeng Titien Wattimena untuk menggarap ide mereka.

Baca juga: Andrea Miranda ingin jadi penyanyi Broadway

"Terus kami berdua sudah menyiapkan plot tapi dua-duanya kan nggak ada yang bisa nulis ya. Akhirnya kita coba ajakin mba Tinut kayak 'mba kita punya cerita, mau nggak tulisin bareng-bareng sama kita'. Akhirnya mba Tinut gabung lalu mas Adit juga sebagai sutradara gabung," jelas Andrea.

"Lalu setelah bertahun-tahun lamanya, sudah sempat diistirahatkan, diubah bentuk, diubah durasi, diubah bentuk lagi, durasi lagi, sampai akhirnya kami bertemulah dengan bapak Bayu Pontiagus yang kemudian menjadi executive produser kami. Jadilah kami sampai di hari ini," sambungnya.

Drama musikal yang berdurasi selama 45 menit tersebut menceritakan tentang Atikah yang merupakan seorang anak perempuan yang ditinggalkan oleh ibunya sedetik setelah melahirkannya.

Melalui kisah hidup yang berat dan menyedihkan, dalam drama musikal tersebut Atikah yang diperankan oleh Andrea pun diceritakan meninggal dan berubah menjadi sesosok kuntilanak. Andrea menjelaskan bahwa pemilihan sosok kuntilanak tersebut dikarenakan hantu tersebut dinilai cukup melekat dalam budaya Indonesia.

"Jadi, bapak yang mencetuskan idenya itu, si komposer kita itu memang akrab dengan sosok kunti kebetulan. Jadi dia terpikir untuk kayaknya seru juga nih menceritakan asal muasalnya gitu," ujar Andrea.

"Kita juga merasa sosok kunti ini kan sangat melekat dengan Indonesia bahkan dunia sebenarnya. Karena nggak hanya di Asia aja sebenarnya, even di Barat pun juga ada sosok kunti. Namanya saja yang berbeda. Tapi kita memang merasa ini lekat sekali dengan budaya Indonesia, sehingga itulah yang dipilih," tutupnya.

Drama Musikal Horor "IBU" sudah dapat disaksikan di www.indonesiakaya.com pada 4 hingga 6 November 2021. Penonton dapat membeli tiket melalui situs web tersebut seharga Rp66.000.

Baca juga: Nama Purwacaraka tak bebani Andrea Miranda

Baca juga: Andrea Miranda luncurkan album perdana

Baca juga: Andrea Miranda tertantang di Gita Cinta


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021