Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 1.400 personel TNI dan Polri dikerahkan untuk mengamankan pembukaan Peparnas XVI Papua yang dijadwalkan dibuka Wapres Ma'ruf Amin.

Pembukaan yang dipusatkan di stadion Mandala Jayapura akan berlangsung Jumat sore.

Apel kesiapan pasukan keamanan dilaksanakan di lapangan apel Yonif RK 751/VJS di Sentani, Kabupaten Jayapura dipimpin Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan.

Baca juga: Wapres bertolak ke Papua buka Peparnas XVI

Baca juga: Api Peparnas XVI Papua menginap di kantor wali kota Jayapura


Danrem 172/PWY dalam pengarahannya mengatakan apel gelar pasukan bertujuan untuk mengecek dan melihat secara langsung kesiapan TNI-Polri dalam menjaga keamanan mulai dari pembukaan sampai dengan penutupanPeparnas XVI Papua.

Diharapkan kesuksesan PON XX yang berjalan dengan aman, lancar, sukses dan nyaman dapat diteruskan pada penyelenggaraan Peparnas karena keberhasilan dan kesuksesan tersebut akan didapatkan apabila semua pihak senantiasa bekerja sama, berkomunikasi, bersinergi dan berkoordinasi dengan baik termasuk memberikan ruang partisipasi kepada masyarakat untuk mengambil bagian dalam pengamanan selama Peparnas berlangsung.

Penerapan protokol kesehatan COVID-19, tetap harus diterapkan dan semua pihak waspada, serius dan disiplin untuk menghindari penularan COVID-19 dalam setiap kegiatan serta menghimbau masyarakat selalu menerapkan proses, ucap Brigjen TNI Izak Pangemanan berharap.

Peparnas XVI Papua akan berlangsung hingga Sabtu (13/11) berlangsung di dua wilayah yakni Kabupaten dan Kota Jayapura dengan mempertandingkan 12 cabang olahraga dengan 638 nomor.

Atlet yang mengikuti Peparnas XVI Papua sebanyak 1.985 atlet, dengan 740 ofisial.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021