Kami pun terus berupaya dalam mendukung para pelaku usaha termasuk UMKM sebagai respons kami dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional dan kami berharap program ini akan memberikan manfaat untuk masyarakat terutama di masa pandemi seperti ini
Jakarta (ANTARA) - PT SUCOFINDO (Persero) memberikan bantuan program Sertifikasi SNI 8152:2015 Pasar Rakyat dan Sertifikasi ARISE untuk Perumda Pasar Jaya.

Kepala Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) SUCOFINDO, Nuri Hidayat menyampaikan bahwa di masa pandemi ini Sertifikasi SNI Pasar Rakyat dan Sertifikasi ARISE merupakan salah satu kontribusi dan upaya nyata perusahaan bagi roda ekonomi masyarakat tetap berputar dengan beradaptasi pada keadaan new normal.

“Program TJSL ini juga merupakan penciptaan kebermanfaatan bersama/ Creating Shared Value (CSV) dielaborasikan dengan layanan portofolio jasa SUCOFINDO berupa sertifikasi SNI 8152:2015 Pasar Rakyat dan Sertifikasi ARISE kerjasama dengan Strategic Business Unit Sertifikasi & Eco Framework (SBU SERCO),” ujar Nuri dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Kegiatan ini merupakan wujud implementasi program kepedulian SUCOFINDO, yang menjadi bagian dalam rangkaian Hari Ulang Tahun ke- 65 SUCOFINDO yang jatuh pada 22 Oktober.

Unit TJSL SUCOFINDO melaksanakan kegiatan bantuan program sertifikasi SNI Pasar Rakyat dan Sertifikasi ARISE bagi Perumda Pasar Jaya khususnya PD Pasar Glodok dan PD Pasar Mayestik guna memberikan keyakinan kepada pelaku UMK maupun kepada para pengunjung pasar untuk beraktivitas dengan rasa aman dan nyaman.

Sertifikasi SNI 8152:2015 Pasar Rakyat adalah standar dalam menetapkan ketentuan dari persyaratan umum, teknis dan pengelolaan yang harus dimiliki oleh pasar rakyat dilengkapi dengan Sertifikasi ARISE yang menilai tingkat kesiapan industri seperti pariwisata, pelayanan publik, kesehatan, industri manufaktur, migas, konstruksi dan lainnya untuk memasuki tatanan normal baru.

“Kami pun terus berupaya dalam mendukung para pelaku usaha termasuk UMKM sebagai respons kami dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional dan kami berharap program ini akan memberikan manfaat untuk masyarakat terutama di masa pandemi seperti ini,” kata Nuri.

Sebelum pelaksanaan proses sertifikasi, SUCOFINDO menyelenggarakan sosialisasi kepada Perumda Pasar Jaya yang dilaksanakan secara online mengenai Sertifikasi SNI Pasar Rakyat dan Sertifikasi ARISE.

Hal ini sebagai bentuk dukungan SUCOFINDO kepada pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) dan sekaligus sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam mengimplementasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/ Sustainability Development Goals (SDGs) Nomor 12 yaitu Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab.

Sementara itu, Auditor Produk dan Sistem Mutu dari SBU SERCO Stefanus Ponirin menyampaikan bahwa Program Sertifikasi SNI Pasar Rakyat diperlukan agar tata kelola serta lingkungan pasar rakyat tersebut terjamin kebersihan, keamanan dan kenyamanannya.

“Pada proses Sertifikasi SNI Pasar Rakyat terdapat prosedur sistem manajemen mutu yang perlu diterapkan oleh pasar rakyat yang akan melaksanakan proses sertifikasi. Pelaksanaan sistem manajemen pengelolaan pasar berguna untuk mendorong pelaksanaan pengelolaan pasar sesuai SNI Pasar Rakyat 8152:2015 berjalan secara berkelanjutan dengan melaksanakan perbaikan secara terus-menerus,” ujar Stefanus.

PT SUCOFINDO (Persero) yang juga merupakan BUMN Jasa Survei dengan layanan Pengujian, Inspeksi, dan Sertifikasi turut merespons dalam pemulihan ekonomi Nasional. Hal ini sesuai dengan misi SUCOFINDO dalam menciptakan nilai ekonomi kepada para pemangku kepentingan terutama bagi pelaku usaha. Salah satunya, untuk para UMK yang masuk dalam program TJSL SUCOFINDO, seperti membuat program sertifikasi halal dan pelatihan untuk UMKM serta sertifikasi SNI produk UMKM.

Baca juga: Erick Thohir percaya Sucofindo mampu jawab tantangan zaman

Baca juga: Lewat holding jasa survei, Sucofindo siap beri manfaat ke level global

Baca juga: Mengungkap kunci penting penerapan KPKU oleh Sucofindo dan PTPN III

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021