Jakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Husain Syam mengapresiasi langkah Menpora Zainudin Amali atas gagasannya tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan pihaknya mengaku siap membantu menyukseskan program yang telah memiliki Peraturan Presiden (Perpres) itu.

"Itu menunjukkan pikiran kita untuk bersama-sama pak menteri, bersama untuk memajukan olahraga dalam Desain Besar Olahraga Nasional yang sudah ada Perpres ini. Saya kira tidak ada kata lain, kita harus menjadi bagian dari desain ini untuk melahirkan prestasi olahraga," kata Husain Syam dalam keterangan resminya, Senin.

Disamping itu, menurut catatan Husain Syam, Menpora Zainudin Amali bisa dikatakan sebagai salah satu menteri kabinet Indonesia Bersatu yang memiliki kinerja yang baik dan sukses berdasarkan catatan prestasi yang dihasilkan para atlet di tingkat internasional.

Menurut dia, Presiden Joko Widodo tidak serta merta menandatangani Perpres DBON yang digagas menteri asal Gorontalo itu sebelum mendiskusikan dan melihat capaian prestasi olahraga, terutama dalam beberapa tahun terakhir.

"Sebut saja terakhir bulu tangkis di Piala Thomas, 19 tahun tidak bisa kita rebut. Kita bangga sekali atas pencapaian atlet Indonesia," tegas Husain.

Baca juga: Plt Gubernur Sulsel berkomitmen sukseskan DBON 
Baca juga: Menpora mulai pencarian atlet elit di Sulsel 


Selain olahraga, Menpora Zainudin Amali juga dinilai berhasil mendesain program wirausaha untuk para pemuda, khususnya di perguruan tinggi, melalui program Pemuda Hari Ini dan Pemuda Hari Esok.

Selanjutnya, Husain Syam juga mengingatkan dalam mengembangkan olahraga ke depan, para sarjana olahraga harus digandeng oleh pemerintah dan tidak boleh dilepaskan.

"Kalau kita mau mengembangkan olahraga, mesti kita tidak bisa melepaskan para sarjana olahraga, karena keilmuan itu penting dalam sebuah desain besar. Ikatan Sarjana Olahraga Republik Indonesia (ISORI) adalah bagian penting dalam hal ini," pungkas Husain Syam.

Sementara itu, Menpora Amali mengungkapkan Sulawesi Selatan masuk dalam salah satu dari 10 sentra olahraga yang akan dibangun di seluruh Indonesia, sesuai dengan lampiran Perpres nomor 86 tahun 2021.

"Sulawesi Selatan adalah yang pertama dilakukan sosialisasi Perpres tentang Desain Besar Olahraga Nasional. Pada tahun 2021 ini, kami berencana melakukan sosialisasi di 10 tempat. Sulawesi Selatan termasuk dalam 10 sentra pembinaan pembibitan atlet yang ada di dalam DBON," kata Menpora Amali, seperti dikutip dari laman resmi Kemenpora. 

Baca juga: Wapres koordinasikan Desain Besar Olahraga Nasional dengan Menpora 
Baca juga: Menpora siapkan sentra DBON Papua bersama akademisi 
Baca juga: Menpora: Revisi UU Sistem Keolahragaan Nasional sangat penting 

 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021