Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bola basket putri Indonesia batal mengunci satu tempat di babak semifinal Piala FIBA Asia Putri 2021 Divisi B seusai dikalahkan tuan rumah Yordania dengan skor 64-76 dalam lanjutan Grup B di Amman, Yordania, Senin waktu setempat (Selasa WIB).

Kekalahan itu memang belum mengganggu posisi Indonesia di puncak klasemen sementara Grup B, tetapi perolehan tiga poin yang dimilki bisa disalip oleh Yordania (2) yang masih memiliki satu pertandingan penyisihan melawan Kazakhstan besok.

Pemimpin klasemen akhir masing-masing grup akan otomatis lolos ke semifinal, sedangkan dua tiket semifinal akan diperebutkan dengan mempertemukan tim urutan kedua dan ketiga secara menyilang dari kedua grup.

Para pemain Indonesia patut kecewa atas penampilan hari ini sebab mereka hanya mampu mengkonversi 24 dari 67 percobaan atau tingkat akurasi 35 persen tembakan terbuka.

Mengetahui Kimberley Pierre-Louis jadi pemain kunci Indonesia saat mengalahkan Kazakhstan kemarin, Yordania sukses membatasi ruang gerak pebasket naturalisasi kelahiran Kanada itu.

Kimberley hanya "diizinkan" mencetak 13 poin di pertandingan kali ini, kontribusinya menurun dibandingkan 31 poin sehari kemarin.

Pasokan angka utama Indonesia datang dari Kadek Pratita Citta Dewi yang mengemas 17 poin, setelah pemain asal Bali itu mampu mengkonversi tiga dari tujuh percobaan tripoin, jauh di atas rata-rata konversi timnya yang cuma mencapai 21 persen.

Selain sukses meredam Kimberley, Yordania juga tampil lebih efisien dalam memanfaatkan peluang-peluang tembakan terbuka mereka dengan tingkat akurasi 47 persen serta 54 persen untuk tripoin.

Terlebih lagi di kubu Yordania terdapat Natasha Cloud, yang memperkuat klub liga bola basket putri Amerika (WNBA) Washington Mystics. Cloud menjadi satu dari dua penyumbang angka terbanyak Yordania dengan 19 poin bersama Marya Al Hinn.

Dalam pertandingan lain yang dimainkan lebih awal, Suriah sukses menundukkan Iran 78-71 di Grup A untuk mengambil alih puncak klasemen dari tangan Lebanon.

Pada Selasa malam nanti, di Grup A akan berlangsung pertandingan Suriah melawan Lebanon diikuti laga Yordania kontra Kazakhstan di Grup B.

Baca juga: Timnas basket putri jungkalkan Kazakhstan saat buka FIBA Asia
Baca juga: Indonesia hadapi tantangan berat di Piala FIBA Asia Putri
Baca juga: Perbasi targetkan timnas basket putri promosi divisi di FIBA Asia

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021