Kita menginginkan Ciliwung menjadi muka kita kembali
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan mengharapkan Festival Ciliwung 3 (FC3) pada 9-10 November 2021 dapat mengembalikan fungsi utama sungai tersebut baik secara ekonomis, bersih maupun hijau.

"Untuk itu dalam kegiatan ini dilakukan penebaran 1.000 benih ikan nila dan penanaman pohon produktif yang bermanfaat buat warga," kata Camat Jagakarsa, Alamsyah saat membuka festival itu di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa.

Alamsyah menyatakan, pihaknya berharap kegiatan ini menjadi awal untuk mengembalikan Sungai Ciliwung sebagai "wajah yang baru".

"Kita menginginkan Ciliwung menjadi muka kita kembali dengan harapan Ciliwung ini menjadi tempat aktivitas masyarakat," kata dia.
Camat Jagakarsa bersama sejumlah peserta mengarungi Sungai Ciliwung Selasa (9/11/2021). ANTARA/HO-Sudin Kominfo Jakarta Selatan


Wakil Ketua II Festival Ciliwung 3, Rizki menuturkan gelaran ini diselenggarakan oleh para penggiat Ciliwung dan berangkat dari gagasan dalam mengajak masyarakat untuk melindungi sungai secara utuh.

Festival berlangsung pada 9-10 November 2021 dan digelar di lima lokasi, mulai dari Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, hingga Kawasan Condet, Jakarta Timur.

Sejumlah kegiatan pada pembukaan festival itu yakni, pengajian budaya Tasawuf Sungai dan pemutaran film pemberontakan anak anak sungai dan aneka pertunjukan kesenian Betawi.

Juga, perlombaan panahan, hingga mengarungi Sungai Ciliwung mulai dari Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, hingga Kawasan Condet, Jakarta Timur

"Bertujuan membangun semangat warga dalam melindungi sungai secara utuh, serta, mengangkat geliat ekonomi rakyat di sepanjang bantaran sungai," katanya.

Termasuk juga, tambahnya, untuk pelestarian sumber air dan ekosistem Sungai Ciliwung sehingga dapat diteruskan secara bersama, demi tercapainya wilayah ini sebagai destinasi wisata baru DKI Jakarta.

Baca juga: Pemkot Jaktim siap gelar Festival Ciliwung 3 di Condet
Baca juga: Menjelajahi lorong waktu di Festival Pasar Baru

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021