Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Selasa (9/11), mulai dari Kepala Staf TNI AL sebut harus loyal pada keputusan presiden, hingga Instruksi Mendagri mengenai lanjutan PPKM luar Jawa-Bali.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.

Kepala Staf TNI AL: Kita harus loyal pada keputusan presiden

Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan, TNI AL selalu loyal pada apa pun keputusan presiden dan sekaligus loyal serta mendukung kepemimpinan panglima TNI yang baru agar TNI semakin solid, modern, dan profesional.

"(Begitu) Surat Presiden ada dari Bapak Presiden, saat itu juga langsung saya sampaikan ke jajaran. Tidak sampai 15 menit (setelah itu) saya sampaikan ke jajaran bahwa kita harus loyal terhadap apa yang telah ditetapkan presiden karena presiden merupakan penguasa tertinggi TNI AD, TNI AL, maupun TNI AU, sehingga apa pun yang telah diputuskan (presiden) pasti keputusan terbaik untuk TNI dan terbaik untuk negara dan bangsa," kata dia kepada pers, di Jakarta, Selasa (9/11).

Selengkapnya baca di sini

Komisi X DPR: Permendikbudristek penanganan PPKS perlu direvisi

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menilai diperlukan adanya revisi terbatas Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS).

"Saya setuju diterbitkannya Permen tersebut, namun perlu ada perbaikan atau revisi terbatas terkait definisi tindak kekerasan seksual agar menjadi bagian dalam melindungi korban," kata Syaiful Huda dalam diskusi bertajuk "Permendikbudristek 30/2021 Picu Kontroversi, RUU TPKS jadi Solusi", di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (9/11).

Selengkapnya baca di sini

Dua perwira tinggi TNI AD diprediksi berpeluang jabat Kasad

Direktur Eksekutif Institute for Security & Strategic Studies (ISSES) Khairul Fahmi memprediksi dua perwira tinggi TNI AD berpeluang kuat dipilih oleh Presiden RI Joko Widodo menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa.

Walaupun demikian, dia menyampaikan bahwa semua perwira tinggi TNI AD yang menyandang pangkat letnan jenderal punya peluang sama untuk dipilih oleh Presiden jadi Kasad.

"Soal regenerasi di tubuh TNI, dari belasan nama bintang tiga di TNI AD, baik yang bertugas di TNI maupun di luar itu, sebenarnya tinggal dua nama yang paling berpeluang, dari sisi masa aktif, yakni Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman dan Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI Eko Margiyono," kata Khairul Fahmi saat dihubungi di Jakarta, Selasa (9/11).

Selengkapnya baca di sini

Baleg hanya masukan lima jenis kekerasan seksual dalam RUU TPKS

Ketua Panitia Kerja (Panja) Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) Baleg DPR RI Willy Aditya mengatakan Panja hanya memasukkan lima jenis kekerasan seksual dalam RUU tersebut.

"Pekan depan atau tanggal 25 November 2021 langsung pengambilan keputusan RUU TPKS menjadi usul inisiatif DPR. Kami hanya memasukkan lima jenis kekerasan seksual," kata Willy di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (9/11).

Selengkapnya baca di sini

Instruksi Mendagri mengenai lanjutan PPKM luar Jawa-Bali

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menerbitkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) 58/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk Daerah Luar Jawa dan Bali.

Inmendagri 58/2021 merupakan instruksi tentang pemberlakuan PPKM level 3, 2, dan level 1 di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Inmendagri 58/2021 mulai berlaku pada Selasa 9 November sampai 22 November 2021.

Selengkapnya baca di sini

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021