Jakarta (ANTARA) - SRO Pasar Modal Indonesia yang terdiri dari PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT (KSEI), memberikan bantuan peralatan dan perlengkapan penunjang operasional kepada PMI menyambut Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November.

"Bantuan tersebut terdiri dari 1 unit freezer room, 10 unit tempat penyimpanan darah (blood bank refrigerator), 12 unit timbangan darah (hemoscale), 5 plasma storage freezer, dan 2 mesin apheresis dengan nilai sekitar Rp10,3 miliar," kata Direktur KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) sekaligus Ketua Panitia HUT ke-44 Pasar Modal Indonesia Syafruddin dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Syafruddin menyampaikan, pemberian donasi tersebut melengkapi kegiatan donor darah yang rutin dilaksanakan oleh SRO dalam rangka HUT ke-44 Pasar Modal Indonesia.

Dia menuturkan, meskipun tahun lalu kegiatan seperti itu tidak dapat dilaksanakan karena situasi pandemi, akan tetapi tahun ini SRO (Self-Regulatory Organization) bekerjasama dengan PMI berhasil melaksanakan kegiatan donor darah yang dilaksanakan pada berbagai daerah di Indonesia sejak September 2021.

"Hingga akhir Oktober 2021 telah terkumpul 9.500 kantong darah, dan mulai hari ini 10 November 2021 sampai dengan 14 November 2021 SRO akan kembali mendukung penyelenggaraan donor darah melalui lima Unit Donor Darah (UDD) PMI di wilayah provinsi DKI Jakarta, dengan tambahan kegiatan donor darah pada bulan November ini, diharapkan hingga akhir November 2021 dapat terkumpul lebih dari 13.000 kantong darah," ujar Syafruddin.

Sementara itu, Ketua PMI (Palang Merah Indonesia) Muhammad Jusuf Kalla menyampaikan apresiasinya kepada pasar modal Indonesia atas bantuan yang diberikan. Simbolisasi pemberian bantuan kepada PMI dilaksanakan Rabu (10/11) di Main Hall BEI, Jakarta, yang dihadiri oleh Ketua PMI M. Jusuf Kalla, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PMI Sudirman Said, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hoesen, Direktur Utama BEI Inarno Djajadi, Direktur Utama KPEI Sunandar, Direktur Utama KSEI Uriep Budhi Prasetyo, jajaran direksi dan komisaris SRO.

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan pasar modal Indonesia kepada PMI dan berharap agar kerjasama ini dapat terus berlanjut," ujar Jusuf Kalla.

Di samping itu, Jusuf Kalla mengatakan, donor darah dan donor plasma konvalesen masih terus diselenggarakan untuk menjaga stok darah PMI di situasi pandemi ini. Ia menuturkan, penyelenggaraan donor darah merupakan salah satu amanah PMI dengan kebutuhan kurang lebih lima juta kantong darah dalam setahun.

"Pada pertengahan tahun 2021 jumlah stok darah PMI sempat menurun 50 persen, namun saat ini sudah mencapai 90 persen dari target. Kami akan terus berusaha untuk memenuhi kebutuhan darah untuk masyarakat Indonesia," kata Jusuf Kalla.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021