Jakarta (ANTARA) - Kemasan karton termasuk salah satu jenis sampah yang sulit terurai, yang membutuhkan waktu sekitar lima tahun, sehingga jika dibiarkan menumpuk dan tidak didaur ulang akan mencemari lingkungan.

Melihat hal tersebut, SIG Combibloc Indonesia berkolaborasi dengan santan KARA untuk mengajak masyarakat mendaur ulang kemasan karton lewat kampanye #PilahBilasLipat yang dapat mendorong konsep keberlanjutan atau sustainability.

"Sustainability merupakan komitmen SIG yang kita sebut way beyond good, untuk menjadi perusahaan yang dapat mengembalikan ke lingkungan lebih (banyak) dari yang kita ambil," kata Head of Market Indonesia, Malaysia, and Philippines PT SIG Combibloc Indonesia Noer Wellington dalam jumpa pers virtual, Kamis.

Baca juga: Indonesia mulai terapkan strategi pengelolaan sampah makanan

Baca juga: Sampah wadah makanan menumpuk di Taiwan selama "lockdown"


Melalui kampanye #PilahBilasLipat, Welli juga mengatakan pihaknhya ingin mengedukasi masyarakat untuk menjalani hidup yang lebih ramah lingkungan dengan melakukan hal sederhana dari rumah.

"Harapan kami ingin mengajak masyarakat menjadi lebih tertarik untuk mendaur ulang kemasan karton bekas dan kemasan lainnya," ujarnya.

Sementara itu, Commercial Director PT KARA Santan Pertama Martin Jimi mengatakan, kolaborasi bersama SIG itu merupakan langkah yang sangat bagus karena masyarakat Indonesia sangat gemar memasak masakan bersantan.

"Ini adalah collabs yang bagus antara SIG dan KARA agar kampanye #PilahBilasLipat ini mendapatkan massa yang lebih banyak," ucap dia.

Martin juga mengatakan dia sangat yakin kampanye #PilahBilasLipat akan memberikan kontribusi terhadap planet Bumi.

"Bumi telah memberikan banyak kebaikan, santan kelapa sudah memberikan kita masakan yang enak-enak, saatnya kita mengembalikan kebaikan itu dengan melakukan tindakan yang menjaga sustainability planet Bumi ini," katanya.

Untuk mengikuti kampanye #PilahBilasLipat, Anda hanya perlu membuat video melalui Instagram Reels yang memperlihatkan Anda sedang memilah, membilas, dan melipat kemasan karton KARA Santan 200 mililiter. Pastikan bahwa logo SIG terlihat di video Anda.

Jangan lupa untuk sertakan caption yang menarik dan menandai tiga orang teman. Cantumkan pula hashtag #PilahBilasLipat dan #SIGxKara.

Kampanye #PilahBilasLipat akan berlangsung hingga 5 Desember 2021. Nantinya, unggahan yang paling menarik akan mendapatkan hadiah uang dengan total Rp9 juta. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengecek di akun Instagram @sig.id.waybeyondgood.

Baca juga: Tiga tips kurangi limbah makanan

Baca juga: MUI: Sahur dan iftar secukupnya agar sampah organik tak menumpuk

Baca juga: Bappenas prediksi sampah makanan capai 112 juta ton/tahun pada 2024

 

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021