Nusa Dua (ANTARA) - Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna secara resmi membuka agenda Indonesia Badminton Festival (IBF) 2021 yang akan menyajikan tiga turnamen Indonesia Masters, Indonesia Open dan BWF World Tour Finals di Nusa Dua, Bali, Kamis malam.

Dalam kedatangannya, Agung juga melakukan pengecekan kesiapan pada seluruh komponen pendukung agenda yang akan berlangsung pada 16 November-5 Desember ini.

"Fasilitas lapangan pertandingan, tempat latihan hingga penginapan atlet cukup memadai. Walaupun dalam situasi pandemi dan menggunakan pranata gelembung, para pemain bisa nyaman dalam bertanding," ujar Agung di Nusa Dua, Kamis.

Baca juga: Fasilitas menarik disiapkan di gelembung Indonesia Badminton Festival

Agung berharap, kesiapan lapangan dan fasilitas pertandingan bisa selesai sepenuhnya mengingat perhelatan berlangsung dalam beberapa hari ke depan.

Lebih jauh Agung mengatakan, diharapkan para pemain dan ofisial mendapatkan pengalaman baru dalam meramaikan rangkaian turnamen ini.

Namun dari segi ekonomi PBSI juga berharap, dengan digelarnya turnamen ini pariwisata di Bali bisa bangkit kembali setelah terdampak pandemi COVID-19.

"Kami berharap pemain tetap menjunjung sportivitas dan mengeluarkan performa maksimal. Selain itu tidak lupa kami mengingatkan agar selalu menjaga protokol kesehatan secara ketat. Semoga dengan adanya turnamen ini pariwisata Bali kembali pulih dan bangkit kembali," ujar Agung.

Selama pelaksanaan IBF 2021, akan dilakukan uji PCR secara rutin dua hari sekali. Sementara dari segi keamanan, penyelenggara juga telah bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk menjaga lokasi di arena pertandingan.

Baca juga: Ketua umum PBSI resmikan fasilitas bulu tangkis BPKP

Pada acara pembukaan ini, turut menampilkan hiburan berupa kesenian tradisional serta menghidangkan sajian makan malam bertema luar ruangan.

Menurut Agung, IBF 2021 diharapkan akan menjadi semangat baru bagi kompetisi olahraga di dalam negeri, serta memberikan bukti meyakinkan kepada dunia internasional bahwa Indonesia punya kompetensi dalam menggelar kegiatan berkelas dunia secara aman di tengah pandemi.

Selain itu, kemenangan Indonesia dalam menyabet Piala Thomas bulan lalu setelah penantian selama 19 tahun membawa semangat dan kepercayaan diri bagi timnas bulu tangkis untuk tetap bisa bersaing meski terdampak pandemi.

"Semoga atlet bisa bermain dengan performa terbaik, serta sekaligus menikmati keindahan dan keramahan (Pulau) Bali," pungkas Agung.

Baca juga: 840 personel Polda Bali siap kawal Indonesia Badminton Festival 2021

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021