Banjarmasin (ANTARA) - Kontingen National Paralympic Commite (NPC) Provinsi Kalimantan Selatan mendulang banyak medali dari cabang olahraga renang dan atletik hingga kini kokoh bertengger di 4 besar klasemen sementara perolehan medali Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XVI tahun 2021 di Provinsi Papua.

Bahkan untuk hari ini, kata Ketua NPC Kalsel H Ahmad Firdaus saat dihubungi di Papua, Jumat, ada tambahan 8 medali lagi dari cabang renang, catur dan atletik. Yakni, 3 emas, 1 perak dan 4 perunggu.

"Sebanyak 3 medali emas pagi ini sudah didapat kontingen kita, 2 dari renang dan 1 dari catur," ujarnya.

Sehingga total perolehan medali emas hingga kini, ujar dia, sebanyak 35 medali emas, dan kontingen Kalsel masih kokoh diposisi 4 klasemen sementara perolehan medali Peparnas.

Dari total 35 medali emas yang dikumpulkan, cabang olahraga renang menjadi penyumbang terbanyak dengan 13 emas, 7 perak dan 7 perunggu.

Baca juga: Dua perenang Kalsel pecahkan rekor di Peparnas Papua

Sementara sumbangan dari cabang olahraga atletik sebanyak 11 emas, 12 perak dan 16 perunggu.

"Cabang atletik ini masih banyak mengikuti nomor lomba, berpotensi menambah banyak medali lagi," ujarnya.

Sementara itu, Pelatih NPC Kalsel cabang olahraga atletik H Basri menyampaikan, ada sebanyak 35 atlet atletik yang diikutkan pada Paparnas Papua ini.

Menurut dia, cabang olahraga atletik dengan beragam klasifikasi itu diantaranya dari lari 100 meter hingga 5.000 meter, lompat jauh dan lompat tinggi, tolak peluru, lempar lembing, lempar cakram dan balap kursi roda.

"Kita targetnya sebanyak-banyaknya dapat medali, hari ini beberapa nomor lomba diikuti atlet kita dan sampai saat ini baru medali perak didapat," ujarnya.

Baca juga: Kalsel duduki peringkat empat klasemen sementara Peparnas Papua
Baca juga: Papua dan Kalsel berebut medali emas di final sepak bola CP Peparnas

Baca juga: Kalsel borong emas dan perak di nomor 60kg judo Peparnas Papua

Pewarta: Sukarli
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021