Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) menyiapkan layanan berstandar global untuk meningkatkan pengalaman pelanggan di seluruh bandara yang dikelola perseroan dengan mengintegrasikan layanan online dan layanan offline secara berkelanjutan.

“AP II memiliki layanan online melalui aplikasi travelin yang menyediakan berbagai kebutuhan traveler mulai dari sebelum perjalanan, saat melakukan perjalanan dan setelah perjalanan. Secara berkelanjutan, aplikasi travelin ini selalu dikembangkan untuk terus mendukung layanan offline yang ada di bandara,” kata President Director of AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, satu layanan baru berstandar global yang didukung aplikasi travelin untuk menghadirkan seamless journey experience akan diluncurkan pada Januari 2022 di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, yaitu travelinLane.

Ia menjelaskan, travelinLane adalah layanan jalur khusus bagi calon penumpang pesawat dalam memproses keberangkatan bebas repot tanpa menunjukkan kartu identitas dan boarding pass fisik pada saat pemeriksaan di Security Check Point 2 (SCP 2).


Baca juga: Bandara Kualanamu disiapkan jadi penopang pertumbuhan ekonomi di Sumut


Calon penumpang cukup menunjukkan wajah di alat face recognition untuk memverifikasi diri.

Adapun untuk memanfaatkan layanan travelinLane, langkah bagi calon penumpang adalah:

1. Mengunduh aplikasi travelin di perangkat berbasis iOS atau Android, dan melakukan proses login.

2.Pada aplikasi travelin, pilih menu travelinPass untuk kemudian melakukan verifikasi data diri dan biometrik (wajah) yang akan divalidasi ke sistem Dukcapil. Setelah proses validasi usai dilakukan, maka traveler dapat melakukan proses untuk mendapatkan travelinPass.

3. Traveler yang ingin mendapatkan travelinPass harus dipastikan sudah melakukan check-in di konter, kiosk self check-in, website, atau mobile check-in, serta memastikan data vaksin dan hasil tes kesehatannya tersedia pada sistem PeduliLindungi.

4. Pada menu travelinPass, pilih menu Perjalanan, lalu tambah Perjalanan, dan isi tanggal keberangkatan, nama maskapai, nomor penerbangan, serta kode pemesanan/tiket.

Aplikasi akan melakukan verifikasi ke sistem Maskapai/Common Use Passenger System serta sistem PeduliLindungi.

Apabila seluruh persyaratan terpenuhi, maka traveler akan mendapatkan travelinPass (berupa QRCode) yang menandakan traveler sudah dapat menuju travelinLane.

5. Traveler kemudian menuju SCP 2, dan memilih jalur travelinLane, di mana tidak perlu menunjukkan dokumen KTP dan boarding pass, namun cukup menunjukkan wajah ke alat face recognition untuk membuka autogate.

Sistem face recognition mengenali wajah dan juga data-data penerbangan yang terdapat pada travelinPass.

6. Traveler menuju boarding lounge untuk menunggu jadwal boarding/naik ke pesawat.


Baca juga: Bandara Kualananu terapkan penyatuan peralatan pendukung daratadc

Muhammad Awaluddin mengatakan layanan travelinLane selain meningkatkan customer experience juga memperkuat aspek keamanan.

“Dengan sistem face recognition maka aspek keamanan di Bandara Soekarno-Hatta akan semakin meningkat ke level berikutnya. Secara bertahap travelinLane termasuk sistem face recognition dan autogate ini akan kami terapkan juga di bandara-bandara AP II lainnya,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, saat ini layanan travelinLane dalam tahap uji coba dan juga proses verifikasi oleh Direktorat Keamanan Penerbangan Kementerian Perhubungan untuk memastikan proses ini memenuhi aspek keamanan penerbangan.

Ia berharap layanan seperti travelinLane termasuk sistem face recognition ini juga dapat menjadi standar baru layanan di sektor kebandarudaraan di dalam negeri, untuk membawa transportasi udara nasional dapat selalu memenuhi global best practice.


Baca juga: Otoritas Bandara Soetta integrasikan data penumpang internasional

Baca juga: INA dan Angkasa Pura II sinergi kembangkan Bandara Soetta

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021