Wakil Ketua MPR harap Bumi Rafflesia jadi poros ekonomi Sumatera

id MPR, Fadel Muhammad, Bengkulu, tol Bengkulu, tol trans Sumatera

Wakil Ketua MPR harap Bumi Rafflesia jadi poros ekonomi Sumatera

Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad menghadiri acara “Ramah Tamah Jajaran Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Stake Holder Bersama Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad” di Gedung Daerah Balai Semarak, Bengkulu. ANTARA/HO-MPR RI.

Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad berharap Provinsi Bengkulu dengan sebutan "Bumi Raflesia" bisa menjadi poros ekonomi di Sumatera.
 
Fadel Muhammad dalam keterangannya diterima di Jakarta, Jumat, menyampaikan harapannya itu ketika menutup rangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi Bengkulu.
 
"Saya melihat ini setelah mengikuti acara panen raya jagung di Bengkulu Selatan. Potensi pertanian di sana bisa menjadi komoditas unggulan yang bisa dibanggakan secara nasional bahkan dunia," katanya.
 
Untuk itu, pimpinan MPR dari Kelompok DPD ini berpesan kepada gubernur agar menjaga dan meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi jagung.
 
Gubernur, kata dia, mesti menggali lebih dalam potensi pertanian unggulan lainnya, seperti padi, sawit, buah-buahan, dan sayuran, agar Bengkulu tidak hanya mampu menjaga ketahanan pangannya, tetapi juga berkontribusi aktif dalam menjaga ketahanan pangan secara nasional.
 
"Jika kondisi itu terjadi, rakyat Bengkulu akan naik tingkat kesejahteraannya. Dampak lanjutanya sangat luar biasa, rakyat akan makin percaya kepada pemimpin daerahnya sehingga apa pun program pemprov akan selalu didukung rakyat," ucapnya.
 
Untuk mewujudkan semua itu, mantan Gubernur Gorontalo dua periode tersebut menyebutkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
 
Pertama, pemprov mesti menjamin ketersediaan bibit, pupuk, sampai membantu pemasaran. Kedua, pembangunan infrastruktur fisik, seperti tol dan pelabuhan harus ditingkatkan.
 
"Info dari Gubernur, pengerjaan tol Bengkulu menjadi salah satu yang tercepat dalam pengerjaan tol provinsi di Indonesia. Itu bagus sekali," katanya.
 
Seterusnya, lanjut Fadel keberadaan infrastruktur tersebut harus digunakan semaksimal mungkin untuk menggenjot ekonomi daerah.
 
"Dari performa Bapak Gubernur, saya menaruh keyakinan bahwa beliau mampu membawa Bengkulu seperti yang kita harapkan bersama," katanya lagi.
 
Sebelumnya, Fadel Muhammad menghadiri acara “Ramah Tamah Jajaran Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Stake Holder Bersama Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad” di Gedung Daerah Balai Semarak, Bengkulu.
 
Hadir dalam acara tersebut Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah beserta jajaran pejabat pemprov dan unsur forkopimda serta Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi.
 
Sementara itu, Gubernur Rohidin Mersyah menyampaikan apresiasinya kepada Fadel Muhammad yang berkesempatan menyambangi provinsi tersebut dalam agenda kunkernya sebagai pimpinan MPR RI.
 
"Bengkulu memang orientasinya pada pengembangan wilayah pesisir, hutan, dan sektor pertanian. Semua itu sedang kami upayakan semaksimal mungkin untuk kesejahteraan rakyat," kata Gubernur.
 
Dalam upaya tersebut, kata Rohidin, membutuhkan dukungan semua pihak. Dukungan yang diberikan oleh Fadel Muhammad sangat dihargai pihaknya.
 
"Walaupun bukan berasal dari Bengkulu, beliau sangat memberikan perhatiannya pada pengembangan Bengkulu. Tindakan beliau sangat mencerminkan Pancasila dan bentuk cinta beliau kepada bangsa Indonesia, apa pun sukunya," ujarnya.

Baca juga: Try Sutrisno imbau MPR susun kebijakan investasi sesuai Pancasila

Baca juga: Bamsoet: Empat pilar MPR dukung pemulihan ekonomi nasional
 

Pewarta : Boyke Ledy Watra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar