saya berharap setiap OPD terkait untuk turut berkolaborasi
Jakarta (ANTARA) - Bupati Kepulauan Seribu Junaedi meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) agar turut terlibat dalam rencana menjadikan Pulau Panjang, Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara sebagai obyek wisata religi sesuai tugas pokok dan fungsinya.

"Untuk mendorong peningkatan dan penumbuhan perekonomian warga serta memajukan pariwisata, saya berharap setiap OPD terkait untuk turut berkolaborasi membangun Pulau Panjang," kata Junaedi dalam keterangan resmi saat peletakan batu pertama pembangunan Masjid Sultan Maulana Mahmud Zakaria di Pulau Panjang, Jum'at.

Ia mencontohkan, Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kepulauan Seribu bisa melakukan perawatan pulau agar tidak terjadi abrasi pantai dan lainnya, kemudian Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Sudin PPKUKM) bisa membangun dan menumbuhkan UMKM di Pulau Panjang.

"Sudin Nakertrans dan Energi, bisa melakukan dengan memberikan penerangan jalan. Begitu juga dengan OPD lainnya, sehingga wisata religi yang dibangun di Pulau Panjang dapat memberikan kesejahteraan untuk warga Kepulauan Seribu, khususnya Kelurahan Pulau Kelapa," kata Junaedi.

Adapun segala potensi yang ada di Pulau Panjang, tambah Junaedi, akan coba ditawarkan kepada investor agar pulau itu bisa difungsikan sesuai potensinya.

Menurut Junaedi, pulau yang luasnya hampir mencapai 13 hektare itu akan sayang bila tidak difungsikan.

"Kalau kita fungsikan dan disewakan, keuntungan pemerintah daerah adalah akan mendapatkan pendapatan daerah. Jika konsepnya untuk perdagangan itu sangat tepat, apalagi dengan harga miring tanpa bea cukai, orang pasti akan datang ke pulau ini," tutupnya.

Baca juga: Tak jadi bandara, Pulau Panjang jadi destinasi wisata religi
Baca juga: Akhir pekan di rumah saja, intip Pulau Panjang lewat tur virtual

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021