Jayapura (ANTARA) -
Perlombaan renang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI memasuki hari terakhir dan sebanyak 19 medali emas akan diperebutkan di Arena Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Sabtu.
 
Peserta dari nomor 400 meter gaya bebas putra S9 akan membuka rangkaian perlombaan hari ini. Paralimpian Jendi Pangabean yang membela Provinsi Sumatera Selatan bakal tampil mengusung misi mempertajam rekor nasional pada nomor tersebut yang diciptakan di Malaysia 2017 dengan 4 menit 58,35 detik.
 
Setelah itu giliran perenang dari nomor 400 meter gaya bebas putra S10 yang tampil. Kemudian masih pada nomor yang sama atlet klasifikasi S14 putra juga bersaing pada hari terakhir Peparnas Papua.
 
Selanjutnya cabang olahraga renang bakal melombakan nomor 50 meter gaya kupu-kupu mulai dari S6 putra dan berlanjut sejumlah klasifikasi di nomor 100 meter gaya kupu-kupu mulai dari S11 putra, gabungan S11 dan S13 putri, S12 putra, S13 putra, S14 putra dan putri, serta S15 putra dan putri.
 
Perlombaan juga bakal berlangsung pada nomor 50 meter gaya dada bebas putra S8 putra dan putri, kemudian dilanjutkan dengan S9 putra dan putri, dan terakhir S10 putra dan putri.
 
Memasuki hari terakhir, tuan rumah masih kokoh di puncak klasemen perolehan cabang olahraga renang dengan raihan 33 emas, 22 perak, dan 13 perunggu.
 
Sementara itu, Jawa Barat berada di posisi kedua dengan mengoleksi 18 emas, 13 perak, dan 16 perunggu. Kemudian Kalimantan Selatan di urutan ketiga dengan 15 emas, 13 perak, dan 16 perunggu.

Baca juga: Tuan rumah kokoh di puncak perolehan medali renang Peparnas Papua
Baca juga: Kalsel dulang banyak medali pada renang dan atletik Paparnas Papua
Baca juga: Rekornas renang bertambah 10 pada hari keempat Peparnas Papua

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021