Jakarta (ANTARA) - Ketua Gerakan Ciliwung Bersih Peni Susanti menyebutkan mutu air dari Sungai Ciliwung telah mencapai level dua atau sudah layak sebagai bahan baku air minum.

"Dengan mutu air level dua, sudah memungkinkan berkembangbiaknya biota air di Sungai Ciliwung seperti ikan, udang, dan lainnya," kata Peni pada Peringatan Hari Ciliwung ke-10, di Penjernihan, Jakarta Pusat, Sabtu.

Menurut Peni, upaya revitalisasi dan pemeliharaan, serta kebersihan aliran Sungai Ciliwung telah membuahkan hasil sejak Gerakan Ciliwung Bersih didirikan pada 1989.

Peningkatan mutu air Sungai Ciliwung ini, kata dia, diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat agar peduli pada kelestarian sungai sepanjang 120 kilometer tersebut.

"Meningkatnya kualitas Sungai Ciliwung ditandai dengan ditemukannya bulus raksasa yang merupakan hewan endemik, ikan baung, dan lobster biru," katanya.

Baca juga: Festival Ciliwung 3 diharapkan kembalikan fungsi sungai

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto, menyatakan, mengapresiasi upaya Gerakan Ciliwung Bersih yang didukung oleh 36 Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) tersebut.

"Kali Ciliwung sudah ada di level dua yang berarti kualitasnya semakin baik lagi. Kita harapkan kondisinya semakin baik, sehingga menjadi potensi besar untuk pariwisata DKI Jakarta," kata Asep.

Direktur Utama PAM Jaya, Priyatno Bambang Hernowo, menjelaskan, sebelum bergantung pada Waduk Jatilihur di Kabupaten Purwakarta, Sungai Ciliwung menjadi sumber bahan baku air minum bagi warga DKI Jakarta.

"Sebelum ada bendungan Jatiluhur, air baku kami diambil dari Sungai Ciliwung sekitar 6.200 liter per detik. Sedemikian pentingnya kualitas, kuantitas dan kontinuitas air baku dalam hal ini Ciliwung bagi keberlangsungan hak atas dasar air," kata Priyatno.

Baca juga: Pemkot Jaksel data rumah terdampak normalisasi Sungai Ciliwung
Baca juga: Kementerian PUPR lanjutkan pembangunan sodetan Sungai Ciliwung

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021