Banjarmasin (ANTARA News) - Direktur Pemberitaan Perum Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA M Saiful Hadi mengajak jajaran kepolisian di Kalimantan Selatan untuk belajar teknik membuat berita di ANTARA.

Ajakan itu disampaikan Saiful saat memberikan sambutan dalam acara peresmian gedung baru kantor LKBN ANTARA dan peluncuran portal http://kalsel.antaranews.com, Kamis.

Peluang serupa juga diberikan jajaran LKBN ANTARA kepada instansi pemerintahan lain di Kalimantan Selatan seperti bagian kehumasan pemerintah daerah.

"Kita berikan kesempatan seluas-luasnya jika ada anggota polisi atau staf kehumasan ingin belajar cara membuat berita. Tidak dipungut bayaran sepersen pun alias gratis," katanya.

Pada kesempatan itu Saiful juga mengatakan, LKBN ANTARA adalah milik bangsa Indonesia dan satu-satunya kantor berita di Tanah Air yang memiliki jaringan dengan kantor berita lain di dunia.

Bahkan, kata dia, selama tiga tahun terakhir Kantor Berita Indonesia itu juga dipercaya untuk memimpin organisasi kantor berita Asia Pasifik (OANA) yang beranggotakan 40 kantor berita dari 33 negara.

"Sekitar 400 media cetak dan elektronik di Indonesia juga berlangganan dengan Kantor Berita ANTARA. Mana mungkin, koran di Aceh bisa memberitakan tentang peristiwa di Kalimantan jika tak mengutip dari ANTARA," katanya.

Kendati sempat diguyur hujan cukup deras, namun peresmian kantor LKBN ANTARA Kalimantan Selatan dan peluncuran portal berjalan cukup lancar dan penuh kekeluargaan.

Acara yang dihadiri oleh Dewan Pengawas Perum LKBN ANTARA Asro Kamal Rokan, Direksi LKBN ANTARA Saiful Hadi serta Wakil Pemimpin Redaksi Akhmad Kusaeni serta Sekretaris Daerah Pemprov Kalsel Mukhlis Gafuri serta tokoh pers Nasional Gusti Rusdi Effendi AR.

Selain itu, hadir juga sebagian besar relasi ANTARA Kalimantan Selatan baik dari media massa, perbankan, pemerintah kabupaten, perusahaan BUMN maupun swasta.

Kepala Biro ANTARA Kalimantan Selatan Hakim Muhidin mengatakan, kehadiran portal ANTARA Kalsel diharapkan bisa memudahkan warga Kalsel dan di luar Kalsel untuk mengetahui perkembangan berita di Banua, cukup dengan mengakses http://kalsel.antaranews.com.

(U004/N005)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011