Kita harus melihat bahwa pelaksanaan WSBK 2021 ini bukan hanya sekali saja atau one off exercise, tetapi akan dilakukan secara terus menerus. Dan melalui kegiatan ini juga adalah mempromosikan Mandalika, ini merupakan cara efektif mempromosikan Manda
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mengatakan ajang WSBK 2021 menjadi cara paling efektif dalam mempromosikan Mandalika, Nusa Tenggara Barat sebagai destinasi wisata berkualitas.

"Kita harus melihat bahwa pelaksanaan WSBK 2021 ini bukan hanya sekali saja atau one off exercise, tetapi akan dilakukan secara terus menerus. Dan melalui kegiatan ini juga adalah mempromosikan Mandalika, ini merupakan cara efektif mempromosikan Mandalika sebagai destinasi wisata yang berkualitas," kata Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kemenko Marves Odo R.M Manuhutu dalam diskusi daring di Jakarta, Selasa.

Menurut Odo Manuhutu, sirkuit Pertamina Mandalika menciptakan sejumlah multiplier effect, baik yang sifatnya langsung dan tidak langsung, dan salah satunya yang terpenting adalah penciptaan lapangan kerja.

Kunci dari semua pembangunan ini adalah pertama masyarakat menikmati dan memperoleh manfaat dari pembangunan sirkuit tersebut, oleh karena itu terkait manfaat tersebut pemerintah juga memastikan UMKM bisa ikut memperoleh manfaat.

"Terima kasih kepada bapak Gubernur NTB dan teman-teman lainnya yang telah memfasilitasi lebih dari 200 UMKM bisa memiliki stand sehingga nantinya penonton yang berjumlah 25.000 orang selain menikmati kegiatan balap motor World Superbike juga bisa berbelanja," kata Odo Manuhutu.

Dia juga menyampaikan bahwa kegiatan WSBK 2021 tidak akan pernah terlaksana tanpa adanya dukungan dari masyarakat dan pemerintah daerah.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan digunakannya Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11).

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan Sirkuit Mandalika dengan panjang 4,3 kilometer nantinya menjadi tuan rumah ajang balap World Superbike (WSBK) pada 19-21 Nopember 2021 dan MotoGP pada Maret 2022.

Presiden berharap Sirkuit Mandalika yang baru saja diresmikan itu, dapat melahirkan titik-titik baru pertumbuhan ekonomi di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Presiden juga meyakini ajang olah raga berskala internasional seperti World Superbike yang akan digelar tahun ini dan MotoGP pada Maret 2022 akan memberi dampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di daerah.

Baca juga: NTB berlakukan pembatasan kendaraan cegah kemacetan saat WSBK

Baca juga: MGPA matangkan persiapan Marshal menjelang WSBK Mandalika

Baca juga: TNI-Polri Imbau warga jaga kondusifitas menjelang WSBK Mandalika

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021