Jakarta (ANTARA) - Hasil imbang yang didapatkan tim nasional Aljazair dan Nigeria dalam pertandingan pemungkas grup masing-masing cukup untuk melempangkan jalan keduanya ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika.

Menjamu Burkina Faso di Stadion Mustapha Tchaker, Blida, Selasa waktu setempat, Aljazair hanya mendapatkan satu poin tambahan setelah ditahan imbang 2-2 oleh tamunya.

Dua kali Aljazair memimpin lewat gol-gol Riyad Mahrez dan Sofiane Feghouli, tetapi dua kali pula Burkina Faso menyamakan kedudukan lewat Zakaria Sanogo serta eksekusi penalti Issoufou Dayo.

Hasil itu bukan saja memperpanjang rekor gemilang Aljazair yang kini sudah melewati 33 pertandingan resmi tanpa terkalahkan, tetapi juga mengunci posisi Mahrez dkk sebagai juara Grup A.

Aljazair mengoleksi 14 poin di puncak Grup A, unggul dua poin atas Burkina Faso yang finis di posisi kedua.

Baca juga: Skenario pra-Piala Dunia zona Afrika

Dalam pertandingan lain yang berlangsung lebih awal di Lagos, Nigeria juga gagal menang setelah ditahan imbang Tanjung Verde 1-1.

Dua gol pertandingan itu tercipta dalam lima menit pertama saat Victor Osimhen membawa Nigeria memimpin tak sampai semenit selepas sepak mula, tapi empat menit berselang tim tamu membalas melalui Stopira.

Skor 1-1 bertahan hingga bubaran, tapi tambahan satu poin cukup bagi Nigeria untuk menjuarai Grup C dengan raihan 13 poin dan melangkah ke putaran ketiga kualifikasi, sedangkan Tanjung Verde menempati posisi kedua terpaut dua poin.

Baca juga: Hasil laga zona Afrika, persaingan ke Piala Dunia Qatar kian sengit

Satu laga Grup C lainnya sudah tak mempengaruhi kontestasi tiket putaran ketiga. Liberia mengalahkan Afrika Tengah 3-1 di Maroko untuk finis di posisi ketiga dengan enam poin, demikian catatan laman resmi CAF.

Aljazair dan Nigeria menyusul langkah enam negara lain yang sudah lebih dulu lolos yakni Mali dari Grup E, Mesir (F), Ghana (G), Senegal (H), Maroko (I) dan Republik Demokratik Kongo (J).

Dua tiket putaran ketiga tersisa akan diperebutkan dalam rangkaian pertandingan terakhir Grup B dan D yang berlangsung lebih larut.

Putaran ketiga kualifikasi zona Afrika dijadwalkan berlangsung Maret tahun depan, memperebutkan lima tiket putaran final Piala Dunia 2022.

Baca juga: Mesir jaga catatan nirkalah di putaran kedua kualifikasi zona Afrika
Baca juga: Hasil kualifikasi zona Asia: Arab Saudi dan Iran belum terkalahkan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021