Ini untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi terjadinya bencana alam
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Warga Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat dilatih oleh Kodim 1620 untuk bisa siaga dalam menghadapi terjadinya bencana alam, dalam rangka menjaga integritas Daerah Pariwisata Super Prioritas menjelang World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika tanggal 19-21 November 2021.

"Ini untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi terjadinya bencana alam," kata Komandan Kodim 1620/Lombok Tengah Letkol (Inf). I Putu Tangkas Wiratawan, di Praya, Rabu.

Penanggulangan bencana, kata dia, bukan hanya melibatkan unsur TNI-Polri dan pemerintah saja, namun perlu keterpaduan semua pihak untuk dapat memberikan rasa aman dan meningkatkan kembali kesejahteraan masyarakat.

"Dengan demikian aparat kewilayahan dan masyarakat memiliki peran penting sebelum selama dan sesudah bencana itu terjadi," katanya.

Menurutnya, kegiatan mitigasi bencana dapat dimulai dari unit terkecil, yaitu individu. Oleh karena itu, Dandim menuturkan kolaborasi antara semua pihak sangat diperlukan.

"Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko bencana yang terjadi," katanya.

Di sisi lain, pariwisata juga berpotensi menimbulkan konsekuensi serius terhadap kondisi ekologi, didasarkan pada kegiatan wisata yang umumnya dikelola secara masif tanpa memperhatikan keberlanjutan ekologi.

Selain itu, kata dia, pengembangan kawasan pariwisata secara masif tanpa menyiapkan mitigasi bencana dapat berkonsekuensi pada meningkatnya risiko atau potensi dampak kerugian dan korban akibat bencana pada masa mendatang.

"Hal krusial yang perlu dilakukan adalah mengubah pola pikir masyarakat menjadi masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana. Usaha ini bisa dimulai dengan mengidentifikasi potensi bencana di sekitar kita," katanya.

Setelah itu, diperlukan mengetahui langkah awal yang harus dilakukan sebelum bencana terjadi, ketika, dan setelah bencana terjadi.

"Karena hal inilah yang berpeluang besar membantu penyelamatan dan perlindungan diri," demikian  I Putu Tangkas Wiratawan.

Baca juga: Mitigasi Bencana di KEK Mandalika jelang WSBK diperkuat

Baca juga: Pengawasan orang asing menjelang WSBK mandalika diperketat

Baca juga: Kru dan pebalap WSBK Mandalika tiba di Lombok

Baca juga: Warga diimbau tak nonton WSBK Mandalika dari atas pohon

 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021