Jakarta (ANTARA) - Upaya keras yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi pandemi COVID-19 dan upaya pemulihan ekonomi nasional, mulai terlihat ke arah yang positif.

Hal ini ditandai dengan semakin terlihat dan meningkatnya aktivitas masyarakat, wabah pandemi semakin hari dapat dikendalikan, upaya vaksinasi secara masal juga semakin meluas, hingga terjadi peningkatan kegiatan perdagangan dunia, ekspor, dan impor.

Semua kian menyadari bahwa penanganan pandemi yang sangat konprehensif dari pemerintah tersebut, ternyata cukup membawa hasil yang menggembirakan.

Bahkan, menurut Badan Pusat Statistik, pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga kuartal ketiga tahun ini saja, telah tumbuh positif mencapai 3,51 persen.

Merespons dan mengoptimalkan momentum yang semakin menjanjikan tersebut, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) meluncurkan program tahunan bertajuk Apkasi Otonomi Expo 2022, Trade, Tourism & Investment dengan hastag #AOE2022.

Acara tersebut bertemakan “Pulihkan Ekonomi Daerah Melalui Jejaring Lokal dan Global" berlangsung di Le Polonia Hotel, Medan, Sumatera Utara, pada 17 November 2021.

Selain sebagai upaya untuk mendorong pergerakan ekonomi bangsa ini yang terdampak pandemi dalam dua tahun terakhir, Apkasi juga ingin memberikan kontribusi nyata sebagai tanggung jawab moral untuk memberikan solusi dan membantu menyelesaikan persoalan bangsa ini.

Sesuai dengan perannya, Apkasi mencoba membantu memfasilitasi segenap anggotanya yang mencakup 416 pemerintah kabupaten di seluruh Indonesia untuk mempromosikan berbagai keunggulan komoditas perdagangan, destinasi wisata, serta potensi investasi yang dimiliki melalui kegiatan expo tersebut.

Seremoni launching AOE2022 dilakukan dengan bersama-sama diiringi tembakan conveti dan pemukulan gong yang dipimpin Ketua Umum Apkasi, Sutan Riska Tuanku Kerajaan diikuti oleh 36 bupati, 11 wakil bupati, dan para perwakilan dari pemkab yang hadir secara offline.

Sebelumnya, Bupati Dharmasraya ini mengajak kepada para bupati di seluruh Indonesia untuk bergerak memanfaatkan momentum ini.

Langkah itu disebutnya sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo saat membuka kegiatan Apkasi Otonomi Expo tahun 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, beberapa waktu yang telah mengapresiasi langkah asosiasi itu untuk mulai menggerakkan roda perekonomian di daerah melalui kegiatan expo.

Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya peran para bupati di seluruh Indonesia dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat sekaligus memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi COVID-19 di daerah-daerah.

Presiden Jokowi memang menekankan para bupati harus terus bisa menjaga kesehatan masyarakat dan memulihkan perekonomian melalui sinergi dan koordinasi yang baik dengan pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

Apkasi diharapkannya mampu melakukan lompatan-lompatan yang signifikan dan bupati harus terus melakukan terobosan-terobosan dan inovasi-inovasi dan tidak terjebak rutinitas dan menemukan cara-cara baru birokrasi di daerah, agar dapat memberikan pelayanan yang semakin efektif dan prima kepada masyarakat.

Seiring sejalan dengan itu, pemerintah di level kabupaten juga ditegaskan harus tetap mendukung upaya pemerintah pusat untuk memperluas sebaran vaksinasi sehingga mempercepat kekebalan komunitas di kalangan masyarakat.
Baca juga: Potensi daerah dan peluang investasi yang masih terbuka lebar
Baca juga: Kementerian Investasi-Apkasi dorong pertumbuhan investasi daerah


Investasi triliunan

Sutan Riska lantas menyebutkan, pada pertengahan Oktober 2021 lalu, dengan mendapat dukungan dari semua pihak, akhirnya meski di tengah masih mewabahnya pandemi, Apkasi mampu melaksanakan kegiatan Apkasi Otonomi Expo Tahun 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut, nyatanya bisa berjalan dengan baik dan cukup sukses dengan berhasil mencatatkan transaksi berupa invenstasi senilai Rp11,3 triliun dan 200 juta dolar AS.

Hasil ini, tentunya diharapkan sangat membantu dalam upaya bangkitnya perekonomian daerah sehingga ia mengajak para Bupati kembali ikut berperan aktif dalam pelaksanaan AOE 2022 tahun depan.

Sementara itu Wali Kota Medan, Bobby Nasution yang hadir dalam peluncuran AOE2022 memberikan apresiasi kepada Apkasi yang memilih Medan sebagai tempat diadakannya acara.

Pihaknya berharap kehadiran para bupati, wakil bupati, dan para perwakilan pemerintah kabupaten yang hadir bisa menambah geliat ekonomi di Kota Medan. Ia menyambut semua dan berharap dari daerah bisa bersama menggerakkan perekonomian dan memulihkan dampak pandemi.

Sementara itu Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang menambahkan, Apkasi Otonomi Expo yang merupakan agenda tahunan merupakan ajang bagi pemerintah kabupaten di seluruh Indonesia untuk untuk memamerkan potensi unggulan daerah berupa hasil pertanian, perkebunan, pertambangan, industri kreatif, pariwisata, dan lain sebagainya.

Di samping itu, AOE juga menjadi forum pemerintah kabupaten untuk menawarkan berbagai peluang investasi di daerah kepada calon-calon investor baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri yang dikemas dalam forum bisnis.

Apalagi setelah sukses pada penyelenggaraan AOE 2021 dengan menerapkan prosedur CHSE dan protokol kesehatan ketat, hal ini memperlihatkan kepada dunia bahwa Indonesia siap menghadapi perubahan akitivtas dan kebiasaan baru.

Penyelenggaraan AOE 2021, lanjut Sarman juga telah mendapat perhatian khusus dari berbagai pihak, khususnya para pelaku di industri MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition).

Kegiatan itu sekaligus menjadi benchmark bagi para exhibitor karena AOE 2021 merupakan pelopor pameran yang pertama kali diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta Convention Centre pada masa pandemi COVID-19.

Tak lupa Sarman menekankan bahwa sukses terselenggaranya kegiatan AOE 2021 merupakan dukungan dari Dewan Pengurus Apkasi dan para Bupati serta Pejabat Pemkab dari seluruh Indonesia.

Ia juga meyakini bahwa kebersamaan dan kekompakan antar pemerintah kabupaten ini menjadi modal utama dalam pemulihan ekonomi nasional.

Sebab pada akhirnya semua menyadari bahwa mengatasi pandemi merupakan tanggung jawab semua elemen bangsa ini.
Baca juga: Mendagri dampingi Presiden Jokowi membuka Apkasi Expo 2021
Baca juga: Presiden Jokowi minta kepala daerah pacu dan manfaatkan peluang ekspor

 

Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021