Pada pokoknya, cita-cita yang ingin dicapai melalui prinsip-prinsip syariah adalah meningkatkan kesejahteraan, maslahah, dan menghindari kemudaratan, mafsadah
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan sistem ekonomi dan keuangan syariah sejalan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan, yang menjaga keselarasan antara pembangunan dan kelestarian lingkungan.

"Ekonomi dan keuangan syariah sejalan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan, yang disertai oleh kesadaran untuk menjaga harmoni antara pembangunan dan kelestarian lingkungan," kata Wapres dalam sambutannya di acara The 9th ASEAN Universities International Conference on Islamic Finance (AICIF) 2021, melalui konferensi video dari Jakarta, Rabu.

Ekonomi syariah tersebut, lanjut Wapres, memiliki prinsip yang berlandaskan pada asas keadilan dan keseimbangan serta berdasarkan pada konsep saling membantu dan saling menolong antarmasyarakat.

"Pada pokoknya, cita-cita yang ingin dicapai melalui prinsip-prinsip syariah adalah meningkatkan kesejahteraan, maslahah, dan menghindari kemudaratan, mafsadah," tukasnya.

Hal itu juga sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk membangun masyarakat Indonesia sebagai sumber daya manusia (SDM) yang unggul, maju dan sejahtera, katanya.

Wapres juga meyakini prinsip dan nilai-nilai ajaran Islam dalam sistem ekonomi dan keuangan syariah juga dapat berkontribusi untuk pemulihan ekonomi nasional, khususnya di masa pandemi COVID-19.

"Saya meyakini pula bahwa prinsip dan nilai Islam, seperti saling membantu, ta‘awun, dan saling menolong, tanasur; mampu berperan dalam mewujudkan kolaborasi dalam upaya pemulihan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan," jelasnya.

Oleh karena itu, Wapres mengatakan Pemerintah secara serius mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, sebagai pendukung tercapainya kesejahteraan masyarakat dan pemulihan ekonomi nasional.

"Pemerintah Indonesia secara serius mendorong kemajuan ekonomi dan keuangan syariah, sebagai salah satu pendukung untuk mencapai tujuan tersebut sekaligus juga dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional," ujar Wapres.

Baca juga: Wapres: Pemerintah serius dorong kemajuan ekonomi syariah
Baca juga: Menilik keuntungan investasi reksa dana syariah
Baca juga: Kehadiran bank digital diyakini akan pacu pertumbuhan ekonomi syariah


Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021