Brussels (ANTARA) - Belgia pada Rabu (17/11) memperketat pembatasan COVID-19, dengan memperluas kewajiban pemakaian masker dan memberlakukan kerja dari rumah di tengah peningkatan kasus pada gelombang keempat COVID-19.

Mulai Sabtu seluruh pengunjung tempat-tempat tertutup seperti restoran dan kafe diharuskan memakai masker dan ketentuan tersebut akan berlaku bagi warga berusia 10 tahun ke atas. Sebelumnya hanya di atas 12 tahun yang dikenai aturan tersebut.

Pihak kelab malam mungkin akan memeriksa para pengunjung jika mereka hendak berjoget tanpa masker. Warga yang ingin menikmati makanan di restoran atau yang hendak pergi ke bioskop sudah diwajibkan menyerahkan pas COVID-19 yang menunjukkan bukti vaksinasi, tes negatif atau keterangan baru sembuh.

Sebagian besar warga Belgia juga harus bekerja dari rumah empat kali dalam sepekan sampai pertengahan Desember dan dilanjutkan dengan tiga hari sepekan.

Belgia melaporkan salah satu tingkat kasus per kapita tertinggi di Uni Eropa, hanya setelah negara Baltik dan bekas Yugoslavia dan Austria, dengan sekitar satu per 100 orang selama 14 hari terakhir, menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa.

"Tanda alarm semuanya merah," kata Perdana Menteri Alexander De Croo saat konferensi pers. "Kami semua berharap musim dingin kami tanpa virus corona, tetapi Belgia bukanlah sebuah pulau."

Pembatasan COVID-19 yang baru masih lebih ringan dibanding dengan penguncian yang diberlakukan bagi orang-orang yang tidak divaksin di Austria dan pengurangan jam operasional bar dan restoran di Belanda.

De Croo menuturkan bahwa Belgia berencana memberikan vaksin booster, yang saat ini terbatas untuk kaum lansia, kepada masyarakat yang lebih luas.

Lonjakan drastis kasus COVID-19 di Belgia terjadi di kawasan utara Flanders, yang tingkat vaksinasinya lebih tinggi, sehingga memicu pelonggaran pembatasan pada Oktober.

Sumber: Reuters
Baca juga: Kasus rawat inap COVID-19 di Belgia melonjak lagi
Baca juga: Belgia tunda pemberian vaksin COVID Johnson & Johnson
Baca juga: Belgia perketat kontrol COVID-19 dengan tes untuk semua wisatawan

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021