Bupati sebut Jember Fashion Carnaval aset daerah yang mendunia

id JFC di jember,acara JFC dibuka,jember fashion carnival,bupati jember

Bupati sebut Jember Fashion Carnaval aset daerah yang mendunia

Bupati Jember Hendy Siswanto membuka Jember Fashion Carnaval (JFC) di Balroom Hotel Cempaka Hill Kabupaten Jember, Sabtu (20/11/2021) sore. (ANTARA/Zumrotun Solichah)

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Bupati Jember Hendy Siswanto menyebutkan Jember Fashion Carnaval (JFC) merupakan aset daerah yang sudah mendunia sehingga menjadi kebanggaan dan kekuatan bagi daerah itu.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada JFC karena JFC menjadi aset kebanggaan dan kekuatan bagi masyarakat Jember," kata Hendy saat membuka rangkaian JFC di Ballroom Hotel Cempaka Hill Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.

Menurutnya, penduduk Jember yang mencapai 2,5 juta jiwa bangga melihat JFC tetap eksis di masa pandemi, bahkan Presiden RI Joko Widodo sudah menetapkan JFC sebagai aset nasional.

Baca juga: JFC 2021 bertema "Virtue Fantasy" digelar dengan prokes

"JFC juga sudah diberi kepercayaan untuk tampil dalam festival internasional di Dubai oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, sehingga kami semua mengucapkan terima kasih kepada pemerintah," tuturnya.

Hendy optimistis pagelaran JFC tidak hanya memberikan motivasi bagi masyarakat Jember, namun masyarakat luas untuk tetap kreatif dan semangat untuk berkarya di masa pandemi COVID-19.

"Saya berharap semua peserta menampilkan karya terbaiknya dalam JFC dan hal itu akan menjadi motivasi untuk membangkitkan perekonomian dan kreatifitasnya bisa lebih baik lagi melebihi tahun lalu," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Jember gandeng JFC gelar pameran artefak meteoritpertama

Sementara Presiden JFC Budi Setiawan mengatakan rangkaian kegiatan JFC digelar secara hybrid baik daring maupun luring secara terbatas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat karena masih dalam masa pandemi COVID-19.

"Kegiatan JFC dilakukan di dalam ruangan (indoor) dan tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya karena masih pandemi, namun peserta tetap menampilkan karya terbaiknya," katanya.

Ia menjelaskan tema besar JFC 2021 ini yakni Virtue Fantasy yang menggambarkan perjalanan menemukan nilai-nilai kehidupan yang disimbolkan melalui hewan-hewan fantasi seperti kesetiaan, kebijaksanaan dan kepedulian.

Baca juga: World Kids Carnival JFC bawa pesan persaudaraan anak-anak dunia

"Ada sembilan defile yang akan tampil yakni Komodo, Flaminggo, Elephant, Sea Dragon, Dragonfly, Dove, Unicorn, Honey Bee dan Lion," ujarnya.

Rangkaian JFC digelar selama dua hari pada 20-21 November 2021 yakni Wonderful Artchipelago Indonesia (WACI) dan Pets Carnval digelar pada Sabtu pukul 14.00 WIB, kemudian malam harinya pukul 19.00 WIB digelar Artwear Carnival.

Pada Minggu (21/11) pukul 10.00 WIB akan digelar Worlds Kids Carnival yang juga diikuti sejumlah negara secara virtual dan malam harinya pukul 19.00 WIB menjadi puncaknya Grand Carnival JFC.

Baca juga: 12 negara ikuti World Kids Carnival JFC di Jember

Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar