Pimpinan DPR lantik Bambang Wuryanto jadi Ketua Komisi III DPR

id DPR RI,Komisi III DPR RI

Pimpinan DPR lantik Bambang Wuryanto jadi Ketua Komisi III DPR

Pelantikan Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto menggantikan Herman Herry di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin. ANTARA/Imam Budilaksono.

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Paulus melantik anggota Fraksi PDI Perjuangan Bambang Wuryanto sebagai Ketua Komisi III DPR RI menggantikan Herman Herry yang dipindah menjadi anggota Komisi VII DPR.

"Apakah pergantian Ketua Komisi III DPR dari unsur Fraksi PDI Perjuangan yang semula Herman herry digantikan Bambang Wuryanto dapat disetujui," kata Lodewijk dalam Rapat Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Selanjutnya seluruh anggota Komisi III DPR RI yang hadir secara fisik maupun virtual menyatakan setuju Bambang Wuryanto menjadi Ketua Komisi III DPR RI.

Baca juga: Sahroni: Wanita membentak orang tua anggota DPR dinilai arogan

Lodewijk menjelaskan Pimpinan DPR RI menerima surat dari Pimpinan Fraksi PDI Perjuangan per tanggal 16 November 2021 perihal Perubahan Penugasan Anggota FPDIP di Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Dia mengatakan setelah disetujuinya pergantian Ketua Komisi III DPR RI, maka susunan Pimpinan Komisi III DPR saat ini terdiri atas Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto (F-PDIP), didampingi empat Wakil Ketua Komisi III DPR, yaitu Adies Kadir (F-Golkar), Desmond J Mahesa (F-Gerindra), Ahmad Sahroni (F-NasDem), dan Pangeran Khairul Saleh (F-PAN).

Dalam kesempatan tersebut, Bambang Wuryanto mengatakan dirinya mendapatkan mandat dari partainya untuk memimpin Komisi III DPR RI, maka harus dijalankan secara baik.

Baca juga: Anggota DPR RI dukung pemekaran wilayah di Papua

Bambang mengakui dirinya tidak memiliki latar belakang hukum namun dirinya meyakini para anggota Komisi III DPR paham hukum dan akan membantunya mengemban tugas sebagai pimpinan Komisi III DPR.

"Ini penugasan maka tidak bisa saya tolak. Jadi akan saya jalani, tentu dengan pengalaman yang saya dapat karena dalam politik prinsipnya hanya satu yang dipegang bersama-sama, yaitu konsensus," katanya.

Baca juga: Ketua DPR sambut baik program Empat Pilar Kadin


Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar