Kalau terjadi kecelakaan nanti jalurnya dari mana, pasti tidak bisa keluar
Mataram (ANTARA) - Badan SAR Nasional (Basarnas)  menyiapkan dua unit helikopter ambulans yang akan disiagakan pada saat event Moto Grand Prix (MotoGP) yang akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat pada 18-20 Maret 2022.

"Kami sudah siapkan dua unit helikopter, tapi kalau itu dinilai tidak dibutuhkan, kami akan tetap kirim satu helikopter, itu wajib," kata Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi, usai memberikan pengarahan kepada personel Kantor SAR Mataram, di Mataram, Senin.

Ia juga sudah menyampaikan ke Gubernur NTB H Zulkieflimansyah, terkait kesiapan alat utama dan personel yang akan dikerahkan pada saat event MotoGP berlangsung.

Henri menambahkan pihaknya menawarkan dua armada helikopter karena kondisi jalanan di dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang menuju sirkuit relatif sempit.

"Kalau terjadi kecelakaan nanti jalurnya dari mana, pasti tidak bisa keluar. Makanya dibutuhkan ambulans-ambulans udara, dan kami siap," ujarnya.

Ia juga memperkirakan jumlah pengunjung pada saat MotoGP akan lebih banyak dibandingkan dengan penonton World Superbike yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 19-21 November 2021.

"Kalau memang tiga bulan nanti COVID-19 dinyatakan hampir tidak ada, pengunjung akan banyak, maka potensi kecelakaan dan kejadian makin banyak," ucap Henri.

Pada saat WSBK, kata dia, hanya satu unit helikopter disiagakan. Ada juga kapal untuk perkuatan yang didatangkan dari Makassar, Sulawesi Selatan, untuk mengantisipasi jika terjadi kondisi sangat membahayakan nyawa manusia.

Henri menambahkan selain personel dari Kantor SAR Mataram, ada juga bantuan tenaga dari kantor SAR daerah lain untuk memperkuat kemampuan penanganan selama WSBK berlangsung.

"Kami tampil maksimal saat WSBK kemarin dan kami lakukan evaluasi karena tiga bulan lagi akan ada event MotoGP di Sirkuit Mandalika," katanya.
Baca juga: Kapolda: Ajang WSBK di Mandalika hasilkan pengamanan kelas dunia
Baca juga: Penonton WSBK Mandalika mulai kembali ke kampung halaman
Baca juga: Dirut RSUD: prokes ketat, diharapkan tidak muncul klaster WSBK

Pewarta: Awaludin
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021