Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah sejumlah berita kemarin (23/11) yang menarik dan masih layak disimak, antara lain, antara lain arahan Presiden Jokowi agar kasus COVID-19 tidak kembali meledak hingga Keuskupan Agung Jakarta imbau umat tidak pulang kampung saat natal dan tahun baru 2021.

 

Presiden beri tiga arahan cegah ledakan COVID-19 seperti Eropa

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Presiden Joko Widodo memberikan tiga arahan pada jajaran menterinya untuk mencegah supaya tidak terjadi ledakan kasus COVID-19 seperti yang terjadi di Eropa sekarang ini.

 

"Bapak Presiden jelas minta jangan sampai yang terjadi di Eropa terjadi di Indonesia, harapan beliau satu, percepat vaksinasi," kata Budi dalam konferensi pers mengenai perkembangan situasi pandemi COVID-19 di Indonesia yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin.


Stok Sinovac menipis, Menkes tekankan Astrazeneca-Pfizer juga aman
 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan vaksin merek Astrazeneca dan Pfizer yang kini lebih banyak digunakan di Indonesia aman untuk digunakan seiring mulai menipisnya persediaan vaksin Sinovac.

"Dua vaksin ini sama amannya, efikasinya lebih tinggi. Tapi karena baru, masyarakat masih ragu untuk menggunakannya," kata Budi dalam konferensi pers mengenai perkembangan situasi pandemi COVID-19 di Indonesia yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin.
 

Pemerintah merevisi panduan dan penyelenggaraan pembelajaran tatap muka
 

Pemerintah sedang merevisi panduan penyelenggaraan pembelajaran tatap muka pada masa pandemi COVID-19 yang tertuang dalam surat keputusan bersama menteri kesehatan; menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi; menteri agama; dan menteri dalam negeri.

Dalam konferensi pers yang diikuti via daring dari Jakarta, Senin, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa revisi surat keputusan bersama (SKB) empat menteri mengenai panduan penyelenggaraan pembelajaran tatap muka sudah dalam tahap finalisasi.


IDAI anjurkan vaksin PCV diperluas hingga anak dengan komorbid
 

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menganjurkan program vaksinasi pneumococcal conjugate vaccine' (PCV) untuk anak di Indonesia diperluas hingga menyasar kalangan rentan dengan komorbid.
 

"Vaksin tersebut merupakan vaksin yang dibutuhkan untuk mengurangi angka kesakitan maupun kematian pada anak-anak kita," kata Ketua Satgas Imunisasi IDAI Hartono dalam dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi IX yang diikuti dari YouTube DPR RI di Jakarta, Senin.


Keuskupan Jakarta imbau umat tak pergi liburan Natal dan Tahun Baru
 

Keuskupan Agung Jakarta mengimbau seluruh umat untuk mengurangi mobilitas dengan tidak bepergian ke tempat ramai atau pulang kampung saat libur Natal dan tahun baru, guna mencegah terjadinya penularan COVID-19.
 

"Imbauan ini hendaknya secara terus-menerus disampaikan kepada umat oleh pastor dalam kesempatan ibadat maupun lewat media sosial dan informasi milik paroki," ujar Sekjen Keuskupan Agung Jakarta Adi Prasojo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021