Keberhasilan PPKM level 3 pada akhir tahun sangat tergantung dengan kesiapan pemda dan masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan bahwa kesiapan pemerintah daerah dan masyarakat penting untuk menyukseskan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 pada akhir tahun 2021.

"Keberhasilan PPKM level 3 pada akhir tahun sangat tergantung dengan kesiapan pemda dan masyarakat," kata Lestari dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Penetapan PPKM Level 3 pada akhir tahun oleh pemerintah bertujuan untuk mencegah terbentuknya kerumunan, mengatur mobilitas masyarakat, serta mendisiplinkan protokol kesehatan yang menjadi perhatian menjelang perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia.

Baca juga: Masyarakat DKI diminta perketat prokes jelang libur Natal-Tahun Baru

Baca juga: Penerapan PPKM level 3 saat Natal dan Tahun Baru disertai wajib vaksin


"Kebijakan PPKM level 3 di seluruh Tanah Air yang direncanakan pemerintah merupakan upaya agar seluruh provinsi di Indonesia tetap melakukan pengendalian COVID-19 meski pada suasana Natal 2021 dan Tahun Baru 2022," ucap dia.

Realisasi kebijakan pengendalian COVID-19 menjelang masa libur akhir tahun yang telah ditetapkan, akan sangat bergantung pada pelaksanaan oleh para pemangku kepentingan dan masyarakat di setiap daerah.

Pengalaman lonjakan kasus positif COVID-19 di Indonesia telah membuktikan bahwa pada setiap masa liburan, akan terjadi lonjakan mobilitas masyarakat yang menyebabkan lonjakan penularan COVID-19 di Tanah Air beberapa pekan setelahnya.

Oleh karena itu, konsistensi para pemangku kepentingan di setiap daerah, tegas Rerie, sapaan akrab Lestari, dalam menerapkan kebijakan tersebut akan sangat menentukan tingkat penularan COVID-19 pada akhir tahun ini.

Di sisi lain, tambah Rerie, pemahaman masyarakat terhadap strategi pengendalian penyebaran COVID-19 yang diterapkan pemerintah juga sangat penting.

Tanpa kerja sama yang baik antara para pemangku kepentingan dan masyarakat di setiap daerah dalam menerapkan kebijakan itu, menurut Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem ini, sulit untuk mendapatkan hasil yang baik.

Karena itu, tegas Rerie, kesiapan para pemangku kepentingan dan masyarakat dalam melaksanakan kebijakan PPKM level 3 pada masa perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 akan sangat penting.

"Sehingga, pada saat kebijakan tersebut berlaku, pelaksanaan di lapangan bisa efektif mengendalikan penyebaran COVID-19 di Tanah Air," tutur Rerie.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021