Jakarta (ANTARA) - Persaingan tim-tim Grup G Liga Champions memperebutkan tiket 16 besar semakin ketat setelah Lille dan Sevilla sama-sama membukukan kemenangan dalam pertandingan kelima mereka.

Menjamu Red Bull Salzburg di Stadion Pierre Mauroy, Prancis, Rabu dini hari WIB, Lille membukukan kemenangan tipis 1-0 atas tamunya itu untuk mengambil alih posisi puncak klasemen sementara.

Top skor sementara Liga Prancis Jonathan David mencetak gol semata wayang penentu kemenangan Lille saat dia mengoyak gawang Salzburg pada menit ke-31.

Berawal dari kegagalan para pemain Salzburg mengoptimalkan kesempatan mematahkan serangan Lille, Burak Yilmaz merangsek ke dalam kotak penalti dan bola yang lepas dari penguasaannya jatuh di hadapan David yang tenang menaklukkan kiper Philipp Kohn.

Lille yang tampil relatif efisien memanfaatkan 47 persen penguasaan bola nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-74 melalui Jonathan Bamba yang sudah memperdaya Kohn tapi bola disapu oleh Mohamed Camara sebelum melewati garis gawang.

Baca juga: Chelsea lanjut ke 16 besar seusai bungkam Juventus 4-0

Sebaliknya, Salzburg nyaris sama sekali tak membuat kiper Ivo Grbic melakukan banyak tugas mengamankan gawang Lille sepanjang laga dan harus rela menelan dua kekalahan beruntun yang membuat mereka lungsur dari puncak.
Penyerang Sevilla Rafa Mir (kanan) melakukan selebrasi bersama Lucas Ocampos seusai mencetak gol ke gawang VfL Wolfsburg dalam lanjutan penyisihan Grup G Liga Champions di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla, Spanyol, Selasa (23/11/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Marcelo del Pozo)
Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Ramon Sanchez Pizjuan, Spanyol, Sevilla akhirnya membukukan kemenangan pertama mereka dalam Liga Champions musim ini saat membekuk VfL Wolfsburg 2-0.

Gelandang Joan Jordan membawa tuan rumah memimpin pada menit ke-12 ketika berdiri bebas untuk menanduk umpan tendangan bebas akurat kiriman Ivan Rakitic ke dalam gawang Wolfsburg.

Wolfsburg hampir mencetak gol balasan sepuluh menit kemudian, sayang tembakan jarak jauh Lukas Nmecha bisa dimentahkan oleh kiper Bono ke mistar gawang.

Baca juga: Menang 2-1 atas Kiev, Bayern melenggang ke 16 besar Liga Champions

Sevilla relatif nyaman mengendalikan pertandingan sejak memasuki paruh kedua sebelum Rafa Mir melengkapi kemenangan menjadi 2-0 lewat golnya pada menit ketujuh injury time.

Hasil-hasil tersebut membuat persaingan tiket 16 besar di Grup G masih relatif terbuka lebar.

Kendati Wolfsburg terperosok menjadi juru kunci klasemen mereka memiliki tiga poin atau hanya terpaut tiga poin dari Lille yang ada di puncak.

Sementara itu, Salzburg turun ke posisi kedua tertinggal satu poin dari Lille dan hanya unggul satu poin atas Sevilla di urutan ketiga, demikian catatan laman resmi UEFA.

Dengan demikian, penentuan perebutan dua tiket babak 16 besar Liga Champions dan satu slot lungsuran ke babak gugur Liga Europa bakal ditentukan dalam rangkaian laga pemungkas Grup G pada 8 Desember nanti.

Salzburg akan menjamu Sevilla di Red Bull Arena, sedangkan Lille bertandang ke Volkswagen Arena menghadapi Wolfsburg.

Baca juga: Tekuk Villarreal 2-0, Manchester United ke 16 besar Liga Champions

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021