Kami terus mengevaluasi doktrin prajurit TNI AU melaksanakan latihan. Selain itu, latihan tersebut untuk melihat kesiapan satuan-kesatuan
Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyebutkan latihan Angkasa Yudha tahun 2021 bertujuan untuk menguji TNI AU dalam meningkatkan kemampuan profesionalisme prajurit dalam mempertahankan kedaulatan udara Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kami terus mengevaluasi doktrin prajurit TNI AU melaksanakan latihan. Selain itu, latihan tersebut untuk melihat kesiapan satuan-kesatuan," katanya saat menghadiri latihan puncak TNI AU Angkasa Yudha 2021 di Air Weapon Range (AWR), Desa Pandan Wangi, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu.

Dalam latihan tersebut melibatkan sebanyak 1.579 personel yang terdiri dari 202 personel komando latihan dan 1.377 pelaku latihan, kemudian juga menerjunkan 52 pesawat tempur di antaranya Pesawar F-16 Fighting Falcon, Pesawat SU-27/30 Sukhoi, Pesawat T-50i Golden Eagle, Pesawat Hawk 100/200, Pesawat EMB-314 Super Tucano.

Kemudian pesawat angkut di antaranya Pesawat C-130 Hercules, Pesawat Cassa-212, pesawat intai yakni Pesawat Boeing 737, Pesawat dan Tanker C-130BT Hercules.

Baca juga: Kasau sampaikan langsung prioritasnya perkuat SDM kepada Panglima TNI

Baca juga: Kasau: Elemen bangsa berkolaborasi percepat pemulihan pandemi COVID-19


"Materi latihan tidak ada yang berbeda, jadi itu menunjukkan bahwa TNI Angkatan Udara dan TNI pada umumnya dan beserta seluruh jajaran siap melaksanakan tugas, meskipun di tengah pandemi COVID-19," tuturnya.

Selama tiga hari manuver lapangan, lebih dari 40 pesawat TNI AU melaksanakan berbagai misi operasi udara, yaitu Operasi Intelijen, operasi pengamatan dan pengintaian udara, Operasi Udara Serangan Strategis (OUSS), Operasi Udara Lawan Udara Ofensif (OULUO), Operasi Udara Lawan Udara Defensif (OULUD), Operasi Udara Lawan Darat, dan operasi mobilitas Udara.

"Manuver lapangan Angkasa Yudha 2021 untuk melihat dan menilai tingkat kemampuan yang dimiliki sekaligus sebagai bahan evaluasi dalam peningkatan kemampuan seluruh satuan-satuan jajaran yang telah melaksanakan latihan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kasau juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Kapolres Lumajang, dan Dandim 0821, serta Forkopimda yang telah mendukung latihan ini dengan sangat baik.

TNI AU juga melaksanakan bakti sosial, melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat di sekitar Pandanwangi dengan menyediakan sebanyak 5.000 vaksin, dan membagi sembako kepada masyarakat.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021