Bupati Kediri: Dua pekan vaksinasi lansia harus 60 persen

id Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana,vaksinasi lansia di keidri,pemkab kediri,kediri hari ini,berita covid-19 kediri

Bupati Kediri: Dua pekan vaksinasi lansia harus 60 persen

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. ANTARA/ Asmaul

Kediri (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, terus menggenjot capaian vaksinasi terutama untuk warga yang sudah lanjut usia, yang ditargetkan bisa mencapai 60 persen dalam dua pekan ke depan, dari capaian saat ini 91.094 orang lansia yang sudah tervaksin COVID-19.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana di Kediri, Kamis mengemukakan dari hasil evaluasi yang telah dilakukannya, rata rata dari data setiap kecamatan, untuk vaksinasi lansia belum mencapai target 60 persen. Untuk itu, dirinya menargetkan dua pekan ke depan vaksinasi terhadap lansia di setiap kecamatan sudah mencapai target.

"Karena ini momentum. Pada saat kondisi pandemi COVID-19 benar-benar melandai itu momentum kita menggenjot vaksinasi. Jangan sampai nanti gelombang tiga muncul, vaksinasi kita masih lemah," katanya.

Bupati mengungkapkan dari 26 kecamatan di Kabupaten Kediri lansia terbanyak yang belum tervaksinasi ada di Kecamatan Mojo, Kepung dan Badas.

Dirinya juga berharap puskesmas segera koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri ketika membutuhkan tambahan vaksin, sehingga target bisa secepatnya terealisasi.

Baca juga: Pemkab Kediri gencarkan vaksinasi untuk lansia dan pelajar

Baca juga: Gubernur Jatim apresiasi penanganan COVID-19 di Kota Kediri


"Saya tidak mau dengar puskesmas kekurangan vaksin, saya minta Dinkes segera distribusikan vaksin. Karena stok vaksin cukup," kata Mas Bup, sapaan akrabnya.

Ia juga memberikan masukan dengan harapan vaksinasi bisa segera tercapai, salah satunya dengan strategi melalui dari pintu ke pintu (door to door). Jika strategi itu tidak efisien akan dilakukan mobilisasi massa di tingkat dusun, sebab, lansia bila harus dimobilisasi tingkat desa bahkan kecamatan jaraknya terlalu jauh.

Dirinya mengungkapkan, vaksinasi COVID-19 pada warga yang sudah lanjut usia sangat penting, karena mereka usia rentan.

"Jadi mungkin kami lakukan mobilisasi di tingkat dusun, atau tingkat RT," ujar dia.

Selain serapan vaksinasi untuk warga yang sudah lanjut usia, Mas Bup juga meminta vaksinasi tahap pertama di Kabupaten Kediri bisa mencapai 70 persen. Untuk itu, dirinya meminta kepada camat agar koordinasi dengan perangkat desa hingga RT agar melakukan pendataan "by name by address" yang belum ikut vaksinasi ataupun sudah baik yang tahap pertama maupun tahap kedua.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dokter Achmad Khotib mengatakan secara keseluruhan untuk mencapai target vaksinasi 60 persen bagi lansia harus mencapai angka 103.930, sedang saat ini baru 91.094.

"Kalau untuk dosis pertama supaya terpenuhi target 70 persen harus mencapai 894.413 sedang saat ini capaian sebanyak 798.084. Stok vaksin yang tersedia sebanyak 245.099 dosis," kata dia. 

Baca juga: Pemkot Kediri beri layanan jemput-antar disabilitas ikut vaksinasi

Baca juga: Pemkot Kediri harapkan kuota vaksin dinaikkan

Pewarta : Asmaul Chusna
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar