Kami sengaja melepasliarkan elang bondol di Pulau Belitung karena memiliki kecocokan alam dan lingkungan mengingat elang jenis ini merupakan elang laut
Belitung, Babel (ANTARA) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumatera Selatan melepasliarkan dua ekor elang bondol (Haliastur Indus) di areal Hutan Kemasyarakatan (Hkm) Seberang Bersatu, Desa Juru Seberang, Tanjung Pandan, Belitung, Kamis pagi.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah III BKSDA Sumatera Selatan, Azis Abdul Latif MS di Tanjung Pandan, Kamis mengatakan pelepasliaran tersebut merupakan dukungan terhadap program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) guna melestarikan satwa liar milik negara.

"Kami sengaja melepasliarkan elang bondol di Pulau Belitung karena memiliki kecocokan alam dan lingkungan mengingat elang jenis ini merupakan elang laut," katanya.

Menurut dia, dua ekor Elang Bondol (Haliastur Indus) tersebut telah melalui proses rehabilitasi di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Alobi sesuai dengan Berita Acara Penitipan Nomor BAP.106/K.12/TU/KSA/1/2019 tanggal 19 Januari 2019.

Dia mengatakan, dua ekor elang nondol tersebut berasal dari serahan masyarakat di Kota Palembang dan diangkut ke PPS Alobi pada tahun 2019 sebagai titipan negara untuk dirawat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Satwa liar jenis Elang Bondol (haliastur indus) tersebut dinyatakan sehat dan layak untuk dilepasliarkan," ujarnya.

Sementara itu Bupati Belitung, Sahani Saleh mengapresiasi BKSDA Sumsel dan sejumlah pihak yang telah melepasliarkan satwa liat di lokasi Hkm Seberang Bersatu yang sebelumnya merupakan areal bekas tambang timah.

"HKm Seberang Bersatu merupakan Geosite yang telah diakui oleh UNESCO atas tingginya upaya masyarakat terhadap pemulihan kawasan bekas tambang Timah," katanya.


Baca juga: Delapan satwa dilindungi dilepasliarkan ke SM Satwa Padang Sugihan

Baca juga: BKSDA Sumsel: 31 satwa dilindungi korban perdagangan ilegal mati

Baca juga: Ditemukan lemas, BBKSDA Sumut terima elang bondol dari dosen Unimed

Baca juga: Anakan Elang Bondol dibanderol Rp4 juta di pasar gelap

Pewarta: Kasmono
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021