Pemkot Jakbar andalkan sumur resapan kurangi genangan air banjir

id kembangan ,Jakarta Barat,antisipasi banjir,Haji Briti

Pemkot Jakbar andalkan sumur resapan kurangi genangan air banjir

Lurah Kembangan Selatan Aryan Syafari saat ditemui di lokasi banjir di Jalan Haji Briti,Senin (8/11/2021). ANTARA/Walda/am.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat mengandalkan sumur resapan untuk mengurangi genangan air saat banjir di Jalan Haji Briti Kelurahan Kembangan Selatan Kecamatan Kembangan Jakarta Barat.

"Petugas SDA (sumber daya air) kecamatan sudah membuat titik-titik sumur resapan untuk mengurangi air banjir yang meluap dari kali," kata Camat Kembangan, Joko Mulyono, saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Menurut Joko Mulyono, sumur resapan itu menampung genangan air meluap dari aliran kali Pesanggrahan yang melintasi pemukiman warga.

"Upaya ini cukup efektif untuk mempersingkat waktu mengatasi genangan karena air dengan cepat dan langsung dialirkan ke saluran lain melalui sumur resapan," katanya.

Joko menjelaskan, Pemerintah Kota Jakarta Barat sudah mengajukan Pemprov DKI untuk pembangunan beton "sheet pile" penahan tanah di bantaran kali, tapi sampai saat ini belum terrealisasi. 

Baca juga: Banjir di Jakarta Barat akibat kiriman dari Bogor

Di Kecamatan Kembangan Jakarta Barat, kata dia, ada sekitar 400 sumur resapan yang berfungsi secara efektif. Sebelumnya, di Jalan H Briti, di tepi aliran Kali Pesanggrahan, terjadi banjir pada saat turun hujan deras, pada Senin (8/11). 

Kelurahan Kembangan Selatan, sedang mengupayakan melalukan normalisasi aliran kali di RW 09. Lurah Kembangan Selatan, Aryan Syafari, mengatakan, dia juga melakukan upaya sosialisasi kepada warga terkait pembebasan lahan untuk normalisasi Kali Pesanggrahan.

Menurut Aryan, program normalisasi perlu direalisasikan secepatnya. Jika normalisasi sudah dilaksanakan, maka bisa meminimalisir terjadinya banjir di permukiman warga RW 09.

Baca juga: Normalisasi Kali Pesanggrahan di Kembangan Selatan mulai tahun depan
Baca juga: Sejumlah titik di Kembangan tergenang air hingga 40 sentimeter

Pewarta : Walda Marison
Editor: Riza Harahap
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar