KM Morero ditemukan Basarnas Ternate, penumpang selamat

id Basarnas,ternate,kapal,bocor,evakuasi

KM Morero ditemukan Basarnas Ternate, penumpang selamat

Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) melalui Tim Rescue Pos SAR Tobelo berhasil menemukan kapal KM Morero pada Jumat (26/11/2021) malam pukul 21.06 WIT. (FOTO ANTARA/Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate, Maluku Utara (Malut) melalui tim "rescue" Pos SAR Tobelo berhasil menemukan Kapal Motor (KM) Morero yang mengalami kebocoran pada Jumat (26/11) malam  pukul 21.06 WIT  dan seluruh penumpangnya dilaporkan selamat.

Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah dihubungi di Ternate, Sabtu, mengatakan, setelah kondisi air di dalam KM Marero telah berkurang maka kapal  kembali melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Tobelo, Maluku Utara dengan dikawal RIB Pos SAR Tobelo.

Kemudian pada pukul Sabtu dini hari pukul 00.55 WIT, KM Marero sandar di pelabuhan Tobelo bersama tim SAR gabungan.

Menurut dia tim SAR gabungan menemukan KM Marero di koordinat seitar 15 NM arah narat laut dari titik duga lokasi kejadian perkara (LKP) dan tim SAR gabungan melaksanakan perbantuan menguras air yg masuk di KM Marero.

Dia menyebutkan pada 26 November 2021 KM Marero berangkat dari Jara - Jara tujuan Tobelo, pada pukul 17.15 WIT dan salah satu penumpang menelpon istrinya dan menginfokan bahwa kapal mengalami kebocoran di perairan antara Jara - Jara dan Pulau Morotai, di mana air masuk melalui saluran pendingin mesin dan pompa alkon tidak berfungsi.

Dari hasil pendataan ulang oleh tim SAR gabungan diketahui bahwa jumlah POB (Pilot on Board) KM Marero berjumlah 8 orang, pada saat kejadian, dua orang penumpang dievakuasi menggunakan "long boat" masyarakat menuju Pelabuhan Tobelo, dan sudah sampai pada pukul 21.25 WIT. Sementara 6 orang lainnya bertahan di KM Marero

Adapun identitas korban berhasil dievakuasi masyarakat 2 orang yakni Gabriel Rumbiak (60 tahun) dan Lexi Tobing (46 tahun) bersama enam orang lainnya yakni Kabaret (50 tahun), Tein Maiguas (30 tahun), Alpius Sikunyir (40 tahun), Riky (20 tahun), Herni Makawimbang (57 tahun) dan Nus (16 tahun), demikian Muhammad Araraf

Baca juga: Lima korban kapal hanyut di perairan Morotai diselamatkan

Baca juga: Tim SAR gabungan selamatkan penumpang longboat di perairan Halsel

Baca juga: Seluruh ABK KM Inka Mina berhasil diselamatkan Basarnas Ternate


Baca juga: SAR kerahkan helikopter untuk cari kapal hilang di Ternate

Pewarta : Abdul Fatah
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar