Palu (ANTARA) - Kasus aktif COVID-19 di Sulawesi Tengah (Sulteng) hingga saat ini tinggal 0,08 persen.

"Kasus aktif COVID-19 atau warga terpapar COVID-19 yang masih menjalani isolasi di Sulteng hari ini tinggal 37 kasus atau 0,08 persen dari total warga yang telah terpapar COVID-19 sebanyak 47.132 orang," kata Juru Bicara Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) COVID-19 Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Adiman di Kota Palu, Sabtu malam.

Ia menerangkan 37 orang yang terpapar COVID-19 itu berada di sejumlah daerah antara lain tujuh orang di Kabupaten Poso dan Tolitoli, lima orang di Banggai dan Kota Palu, tiga orang di Banggai Kepulauan dan Buol.

Kemudian, lanjut Adiman, dua orang di Parigi Moutong, Sigi dan Tojo Una-Una, satu orang di Donggala.

"Sementara itu 45.493 pasien COVID-19 dinyatakan telah sembuh atau naik menjadi 96,52 persen dari total warga yang terpapar COVID-19 di Sulteng. Selain itu 1.602 orang dinyatakan meninggal dunia atau 3,40 persen,"ujarnya.

Adiman mengatakan khusus Sabtu ini, terdapat dua pasien COVID-19 dinyatakan telah sembuh, tiga orang terkonfirmasi terpapar COVID-19 dan satu pasien COVID-19 dinyatakan meninggal dunia.

Adiman meminta masyarakat mendukung tim pengawas dinas kesehatan kabupaten dan kota di Sulteng yang melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif COVID-19.

Selain itu, warga diimbau menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan dan penyebaran COVID-19 secara ketat.

"Pencegahan yakni dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah. Langkah tersebut sangat penting dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan COVID-19 di Sulteng," katanya. 

Baca juga: Dua dari 13 daerah di Sulteng tidak ditemukan kasus aktif COVID-19
Baca juga: Pasien COVID-19 yang sembuh di Sulawesi Tengah capai 45.451 orang


Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021