tujuan akhirnya memberi citra positif bagi lembaga
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) memberikan pelatihan khusus kehumasan kepada 30 personel anggotanya untuk meningkatkan kemampuan para personelnya dibidang kehumasannya yang tujuan akhirnya memberi citra positif bagi lembaga.

"Kegiatan ini diikuti 30 peserta yang merupakan perwakilan staf dan pengurus PMI tingkat kabupaten/kota se-Sumatera Utara," kata Ketua Panitia Pelatihan Kehumasan Prof Marihot Manullang melalui pesan pendek pada aplikasi WhatsApp, Minggu, (28/11).

Menurut Marihot, pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas atau kemampuan personel PMI dalam bidang kehumasan atau public relations agar bisa membentuk citra positif organisasi.

Humas PMI tentunya sangat berperan dalam membentuk dan membangun citra positif di masyarakat, selain itu merupakan jembatan penghubung komunikasi dengan para mitra. Sehingga diharapkan seluruh peserta bisa menyerap ilmu yang diberikan para pelatih.

Sementara, Ketua Bidang Diklat PMI Provinsi Sumut Usiono menambahkan keberadaan humas memegang peranan penting dalam organisasi PMI saat ini karena merupakan perpanjangan  tangan dari manajemen untuk menyebarluaskan informasi pelayanan maupun kegiatan organisasi kemanusiaan terbesar di Indonesia ini.

"Personel yang ditunjuk menjadi humas mempunyai peranan penting dalam membangun komunikasi antarlembaga atau mitra dan harus selalu terbuka dengan berbagai pembaharuan di masyarakat khususnya dalam kecakapan komunikasi, sehingga adanya pelatihan kemampuan peserta bertambah," tambahnya.

Ia mengatakan pelatihan ini pun untuk mengasah kemampuan peserta dalam hal komunikasi dan penyebarluasan informasi positif terkait PMI, kemudian meningkatkan kreatifitas dalam membangun citra positif organisasi ke depannya.

Tujuan dari kegiatan pelatihan tentu diharapkan muncul sumber daya manusia (SDM) PMI yang kompeten, handal dan profesional dalam bidang kehumasan serta tersahkan melalui surat keputusan (SK) yang disahkan oleh pengurus PMI kabupaten/kota masing masing.
Baca juga: Pekerja migran Indonesia di Hong Kong apresiasi bantuan KSP
Baca juga: JK tinjau unit donor daerah di PMI Pontianak
Baca juga: Luhut tegaskan momentum pemulihan ekonomi harus dijaga

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021