Jakarta (ANTARA) - AC Milan untuk sementara merebut posisi puncak klasemen Liga Italia seusai mengatasi Salernitana 2-0 dalam laga pekan ke-16 di Stadion San Siro, Sabtu.

Kemenangan itu membuat Milan, yang kini mengoleksi 38 poin, berhasil menggusur Napoli (36) yang baru memainkan pertandingan mereka lebih larut.

Franck Kessie membawa Milan memimpin saat pertandingan baru berusia lima menit kala menyambut umpan tarik Rafael Leao dengan tembakan sentuhan pertama yang melesat di antara kaki Luca Ranieri dan berakhir menaklukkan kiper Vid Belec.

Baca juga: Lazio dan Udinese berbagi poin setelah lakoni hujan delapan gol

Sayangnya, Milan kemudian harus kehilangan penyerang muda Pietro Pellegri yang mengalami cedera dan digantikan Rade Krunic pada menit ke-15.

Tiga menit kemudian, Milan menggandakan keunggulan mereka melalui aksi Alexis Saelemaekers yang melakukan tusukan setelah menerima umpan dari Brahim Diaz dan menyelesaikannya dengan sepakan melengkung ke pojok tiang jauh.

Saelemaekers melakukan selebrasi golnya dengan membentangkan jersey Simon Kjaer, bek senior Milan yang harus menepi setidaknya enam bulan ke depan setelah menjalani operasi lutut.

Baca juga: Christian Eriksen kembali berlatih usai alami serangan jantung di Euro

Milan terus menekan tapi upaya mereka menambah keunggulan dua menit jelang turun minum melalui Krunic masih bisa dimentahkan oleh Belec.

Belec seolah jadi figur utama permainan Salernitana ketika rekan-rekannya nyaris tak mampu menciptakan peluang gol balasan sepanjang laga.

Pada menit ke-70, Belec melakukan aksi penyelamatan gemilang atas tembakan melengkung Junior Messias mencegah penyerang asal Brazil itu menorehkan rekor jadi pemain ketiga Milan yang mencetak gol dalam tiga pertandingan sebagai starter.

Pun demikian, aksi Belec hanya cukup untuk mencegah Milan meraih kemenangan lebih telak dari 2-0 yang bertahan hingga peluit bubaran.

Baca juga: Ingin tiru Maradona, Ibrahimovic akui hampir gabung Napoli

Hasil ini memperpanjang catatan buruk Salernitana, yang kini menelan kekalahan keempat dalam lima pertandingan terakhir dan tertahan di posisi juru kunci klasemen dengan delapan poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Kedua tim akan kembali merumput pada Sabtu (11/12) pekan depan, saat Milan bertandang ke Dacia Arena melawan Udinese dan Salernitana bertamu ke Artemio Franchi bertemu Fiorentina.

Sebelumnya, pada Selasa (7/12), Milan bakal terlebih dulu berjuang meraih tiket 16 besar Liga Champions saat menjamu Liverpool di San Siro.

Baca juga: Paolo Maldini: AC Milan tidak akan aktif di bursa transfer Januari

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021