Ia memberitahu yang sebenarnya. Ya, kami berpisah, tapi kami masih saling bertemu
Lima (ANTARA News) - Presiden Peru Alan Garcia, Ahad (1/5), mengkonfirmasi ia telah berpisah dari istrinya, Pilar Nores, selama dua tahun belakangan ini.

"Ia mengatakan apa yang diketahui semua orang," kata Garcia kepada Stasiun Televisi Panamericana, Channel 5. Ia merujuk kepada pernyataan istrinya.

"Ia memberitahu yang sebenarnya. Ya, kami berpisah, tapi kami masih saling bertemu," kata Presiden Peru itu.

Pada Sabtu (30/4), media setempat melaporkan Nores telah mengakui ia dan Garcia telah berpisah selama dua tahun.

Pasangan presiden dan ibu negara Peru tersebut memiliki empat orang anak --yang sudah dewasa.

Nores, warganegara Argentina, mengatakan kepada surat kabar El Comercio bahwa pasangan itu pernah berusaha memperbaiki rumah tangga mereka, "tapi itu tak berhasil".

Ia mengatakan perincian lebih lanjut mengenai perpisahan yang sudah berjalan lama tersebut "sangat bersifat pribadi".

Garcia, yang akan mengakhiri masa jabatan keduanya sebagai Presiden Peru, mengakui selama kampanye presidennya 2006 bahwa ia telah jadi ayah dari seorang anak bersama ahli ekonomi Roxanne Cheesman. Garcia terlibat hubungan di luar nikah dengan ekonom itu selama 18 bulan.

Pada 5 Juni, pemberi suara akan memilih antara tokoh sayap kiri Ollanta Humala dan calon dari kubu konservatif Keiko Fujimori sebagai presiden baru Peru.

"Saya memang menjadi topik pembicaraan istri saya," kata Garcia (61) kepada stasiun televisi tersebut. Ia menyatakan ia dan istrinya berpisah "seperti separuh pasangan di Peru".

Ia mengatakan ia "tak memiliki permusuhan dengan siapa pun yang telah memberi dia empat anak yang luar biasa".
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011