Seluruh personel dari Pemkot Surabaya akan membantu Pemkab Lumajang hingga bencana erupsi Gunung Semeru dinyatakan selesai.
Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi membantu penanganan bencana letusan Gunung Semeru dengan mengirim kendaraan berat, puluhan personel dan logistik ke lokasi bencana di Kabupaten Lumajang..

"Begitu mendengar kejadian itu, Wali Kota Surabaya langsung memerintahkan untuk membantu semaksimal mungkin," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Surabaya Irvan Widyanto usai apel persiapan pemberangkatan bantuan di Balai Kota Surabaya, Minggu.

Ia menjelaskan setelah Wali Kota mengetahui informasi bencana itu, BPB Linmas beserta beberapa dinas lainnya diminta untuk berangkat membantu Pemerintah Kabupaten Lumajang.

"Pak wali kota sering mendengungkan kolaborasi dan gotong royong dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Apalagi beliau menjadi koordinator kepala daerah di Jawa Timur," katanya.

Seluruh personel dari Pemkot Surabaya, kata dia, akan membantu Pemkab Lumajang hingga bencana erupsi Gunung Semeru dinyatakan selesai.

"Jumlahnya sebanyak 55 personel. Dari BPB Linmas sebanyak 17 personil, Dinas PMK sebanyak 24 personil, Satpol PP sebanyak 11 personil, dan Dinsos sebanyak 3 personel," katanya.

Sedangkan untuk kendaraan berat yang dikirimkan oleh Pemkot Surabaya adalah dua unit truk, satu unit truk dapur umum, dua unit truk pemasok air, tiga unit truk pemadam, satu unit alat bantu "skywalker", satu unit Bronto Skylift 44, dan tiga unit pick up.

"Yang paling penting juga kami membawa bantuan logistik untuk para korban erupsi Gunung Semeru," katanya.

Bantuan logistik itu di antaranya mie instan sebanyak 60 dus, biskuit sebanyak 17 dos, dan selimut sebanyak 200 buah. Sedangkan untuk saat ini, kata dia, tim dari Pemkot Surabaya sedang menuju ke Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, yakni lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Perkembangan di Pendopo Arya Wiraraja, tim langsung berkoordinasi terkait penempatan personil, unit kendaraan maupun peralatan yang akan difungsikan untuk membantu penanganan dampak erupsi Gunung Semeru," demikian Irvan Widyanto.


Baca juga: MUI ajak masyarakat galang dana bantu warga terdampak erupsi Semeru

Baca juga: BPBD Jember kirim logistik dan personel bantu penanganan Semeru

Baca juga: BAZNAS kirim tim tanggap bencana bantu korban letusan Semeru


Baca juga: BPBD Kediri kirim personel bantu evakuasi korban erupsi Semeru

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021