Antisipasi COVID-19 Omicron, Babel bentuk satgasus

id satgus,covid-19

Antisipasi COVID-19  Omicron, Babel bentuk satgasus

Wakil GUbernur Kepulauan Babel Abdul Fatah (Aprionis)

Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membentuk satuan tugas khusus (satgasus), sebagai langkah mengantisipasi masuknya COVID-19 varian B.1.1.529 atau Omicron selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Saya minta satgasus ini lebih meningkatkan pemantauan kondisi serta saling berkoordinasi dengan pemerintah dan stakeholders, terlebih dalam mengantisipasi varian baru serta prediksi gelombang tiga," kata Wakil Gubernur Kepulauan Babel Abdul Fatah di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan pembentukan satgas khusus ini dilakukan mengingat COVID-19 varian Omicron sudah menyebar ke 39 negara di antaranya negara tetangga yakni Malaysia dan Singapura, sehingga Indonesia berupaya mengantisipasi masuknya virus corona varian baru ini.

"Mudah mudahan kita tetap terjaga, bersama kita dukung kebijakan-kebijakan pengetatan, utamanya menghadapi libur Natal dan tahun baru ini. Apa yang kami sampaikan tadi, utamanya langkah dan strategi tadi dapat segera dilaksanakan," ujarnya.

Baca juga: Menlu RI dorong percepatan vaksinasi untuk antisipasi Omicron

Ketua Satgas COVID-19 sekaligus Ketua Satgassus Isoter Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa mengatakan varian baru Omicron sudah menyebar ke 39 negara di antaranya Malaysia yang sudah mengkonfirmasi ada 1 kasus, Singapura 2 kasus, dan di India juga 2 kasus.

"Pemerintah Pusat menerbitkan Instruksi Menteri dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021 dan SE Nomor 24 Tahun 2021. Dua instruksi tersebut menekankan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level tiga selama masa libur Natal dan tahun baru untuk mencegah penularan COVID-19," katanya.

Baca juga: Anggota DPR: Teruskan strategi pengendalian varian Delta di Omicron

Menurut dia dalam mengantisipasi gelombang tiga, lokasi-lokasi yang sebelumnya ditetapkan sebagai isoter sejauh ini masih terus diaktifkan.

"Isoter BLK dan Asrama Haji Babel memang sudah ditutup seiring kasus di Babel semakin melandai. Saat ini ada 96 lokasi isoter dengan ketersediaan 1.059 tempat tidur, yang hanya digunakan satu tempat tidur (terkonfirmasi di Bangka Barat). Jadi dari ketersediaan isoter saat ini aman terkendali," katanya.

Pewarta : Aprionis
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar